Comscore Tracker

PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak Takraw

Tambahan dua medali emas mendongkrak Sulsel ke peringkat 9

Makassar, IDN Times - Tim sepak takraw Sulawesi Selatan mengawinkan sepasang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Emas didapatkan dari nomor kuadran putra dan kuadran putri, usai menang pada partai final yang digelar di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: PON Papua: Sulsel Tambah Emas lewat Cabor Biliar

1. Sulsel menang lewat rubber set

PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak TakrawTim Sulsel (kanan) mengalahkan Papua di pertandingan semi final sepak takraw kuadran putra PON Papua, Jumat (8/10/2021). Ciwa Abunawas untuk IDN Times

Perjuangan tim sepak takraw Sulsel tidak mudah untuk meraih medali emas. Masing-masing, tim kuadran putra dan kuadran putri mesti melalui rubber set di partai final.

Tim putri Sulsel lebih dulu memastikan medali emas usai menang 2-1 atas DKI Jakarta. Sempat kalah 17-21 di set pertama, Sulsel kemudian membalikkan keadaan dengan skor 21-11 dan 21-14 di set kedua dan ketiga.

Sedangkan tim putra Sulsel menuntaskan perlawanan Jawa Timur dengan skor 21-14, 22-24, dan 21-10.

2. Sulsel lewati tuan rumah di semifinal

PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak TakrawFinal Sepak Takraw Putri Antara Tim Sulawesi Selatan melawan DKI Jakarta. PB PON XX PAPUA/Yustha Corithaca

Tim takraw kuadran putra dan putri Sulsel melaju ke final setelah sama-sama mengalahkan tim tuan rumah Papua, pada pertandingan semifinal, Jumat (8/10/2021).

Pada pertandingan semifinal yang digelar di GOR Trikora Unviersitas Cendrawasih, Jayapura, tim putra Sulsel mengalahkan Papua dua set langsung, masing-masing 21-14 dan 21-8. Sedangkan tim putri juga menang dua set dengan skor 21-15  dan 21-17.

3. Sulsel naik ke peringkat sembilan

PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak TakrawIlustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Tambahan dua medali emas mendongkrak posisi Sulsel ke peringkat sembilan perolehan medali sementara PON Papua. Sulsel sejauh ini sudah mengumpulkan tujuh medali emas, tujuh perak, dan delapan perunggu.

Peringkat pertama klasemen ditempati Jawa Barat dengan koleksi 70 medali emas, 63 perak, dan 68 perunggu. Disusul DKI Jakarta (64,52,65) dan Jawa Timur (62,53,48) di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan tuan rumah Papua yang menempati peringkat empat punya koleksi 56 emas, 29 perak, dan 32 perunggu.

Baca Juga: Rahmat Erwin Sumbang Medali Emas untuk Sulsel di PON Papua

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya