Comscore Tracker

Pebiliar Sulsel Ismail Kadir Gabung Pelatnas Tanpa Seleksi

Ismail membuktikan masih jadi pebiliar terbaik di Indonesia

Makassar, IDN Times - Pebiliar Sulawesi Selatan Ismail Kadir bergabung dalam pelatihan nasional (pelatnas) untuk persiapan SEA Games 2022. Dia mendapat keistimewaan dari Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) yakni masuk pelatnas tanpa proses seleksi.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sulsel Felix Ligianto kepada Antara mengatakan ada, Ismail bakal berlaga di SEA Games Vietnam, Mei mendatang. Ismail melalui beberapa pertimbangan sehingga langsung lolos ke pelatnas.

"Ismail Kadir merupakan peraih medali perunggu di SEA Games 2019, yang merupakan satu-satunya atlet putra yang mampu menyumbang medali di ajang tersebut," kata Felix.

Baca Juga: Bonus Atlet Sulsel Peraih Medali PON dan Peparnas Papua Akhirnya Cair

1. Ismail masih jadi pebiliar terbaik

Pebiliar Sulsel Ismail Kadir Gabung Pelatnas Tanpa SeleksiAtlet Biliar kontingen Sulawesi Selatan, Ismail Kadir saat menyodok bola pada final 15 Ball Double Putra melawan kontingen Jawa Tengah pada PON XX Papua 2021 di GOR Biliar Kabupaten Mimika, Papua. PB PON XX Papua/Budi Yanto

Alasan lainnya, kata Felix, karena Ismail sejak tiga tahun terakhir masih menjadi atlet biliar terbaik di Indonesia. Dia diharapkan bisa menjaga peluang perebutan medali di SEA Games mendatang.

"Ismail juga tetap membuktikan kualitasnya saat menyumbang medali emas, perak dan perunggu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua," katanya.

2. Batal mengikuti seleknas pada Februari

Pebiliar Sulsel Ismail Kadir Gabung Pelatnas Tanpa SeleksiAtlet biliar Sulawesi Selatan, Ahmad Riswan Adiputra, dalam laga babak 16 besar cabor biliar nomor "15 ball double" PON XX Papua 2021 di GOR Biliar SP 2, Mimika, melawan Papua pada Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Andry Prasetyo)

Ismail batal mengikuti seleknas pada Februari 2022. Padahal sejak awal, atlet yang bersangkutan juga tetap mendapat panggilan mengikuti seleknas usai pelaksanaan PON XX 2020 Papua.

"PB POBSI usai PON telah menyampaikan ada dua atlet Sulsel yang berhak mengikuti seleknas yakni Ismail Kadir dan Ahmad Riswan Adiputra. Namun belakangan ada keputusan Ismal dapat jatah langsung ke Pelatnas," Felix menjelaskan.

"Adapun Ahmad Riswan Aduputra tetap ikut seleknas namun gagal bersaing dengan atlet lainnya dari sejumlah daerah," dia menambahkan.

3. Ismail Kadir sumbang medali emas untuk Sulsel di PON Papua

Pebiliar Sulsel Ismail Kadir Gabung Pelatnas Tanpa SeleksiIlustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Atlet biliar Sulawesi Selatan Ismail Kadir mendapatkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Oktober 2021 lalu. Ismail Kadir menyumbangkan medali emas dari biliar nomor pertandingan 15 single.

Di partai final, dia mengalahkan pebiliar Jawa Tengah Rizka dengan skor telak 6-2. Kepada wartawan, Ismail menyebut nomor 15 single memang merupakan favoritnya. Dia menyadari peluangnya meraih emas besar di nomor itu.

"Saya senang karena bisa bermain lebih maksimal di nomor 15 single ini," kata Ismail.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Permainan Biliar alias Bola Sodok

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya