Viral Mahasiswa Pengunjuk Rasa di Makassar Diduga Keroyok Polisi

Diduga tersinggung karena rencana bakar ban digagalkan

Makassar, IDN Times - Seorang polisi di Makassar, Sulawesi Selatan, diduga dikeroyok sejumlah mahasiswa yang tengah menggelar unjuk rasa. Peristiwa itu terekam video amatir yang beredar viral di media sosial.

Awalnya, peserta demo mahasiswa dan polisi terlibat cekcok. Suasana kian memanas sehingga seorang mahasiswa terekam memburu dan menendang polisi berpakaian dinas itu di tengah kerumunan. Sebagian mahasiswa lainnya mengejar polisi itu hingga menyeberang jalan.

Sebagian mahasiswa lainnya juga terlihat berupaya melerai aksi dugaan penganiayaan tersebut. Rekaman video ini kemudian beredar luas di sejumlah akun Instagram dan beberapa grup percakapan WhatsApp.

1. Pemicu keributan karena mahasiswa hendak bakar ban lalu dicegah polisi

Viral Mahasiswa Pengunjuk Rasa di Makassar Diduga Keroyok PolisiTangkapan layar rekaman video viral, sejumlah mahasiswa diduga keroyok anggota polisi di Makasar. (Screenshot rekaman video)

Polisi menyebut, kasus dugaan penganiayaan itu terjadi disela aksi unjuk rasa mahasiswa di Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Senin, 7 Maret. Aksi awalnya berlangsung tertib namun belakangan mahasiswa terlibat keributan dengan polisi.

Kejadian itu dipicu mahasiswa yang hendak membakar ban sehingga anggota polisi yang bertugas di lokasi setempat berupaya melarang. "Satu anggota dikeroyok," kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polrestabes Makassar AKP Lando kepada jurnalis, Selasa (8/3/2022).

2. Bakar ban dianggap mengganggu arus lalu lintas

Viral Mahasiswa Pengunjuk Rasa di Makassar Diduga Keroyok PolisiIlustrasi/Demo tolak Omnibus Law di kawasan Harmoni pada Kamis (8/10/2020). (IDN Times/Ilyas Mujib)

Lando menjelaskan, mahasiswa diduga tak terima saat anggota polisi menggagalkan rencana mereka bakar ban. Sebab, kata Lando, polisi sudah mengingatkan mahasiswa agar tak membakar ban. "Karena mengganggu arus lalu lintas di lokasi," jelas Lando.

Karena persoalan itu, anggota polisi yang menggagalkan upaya pembakaran ban dikejar oleh sejumlah mahasiswa. "Makanya terjadi persoalan ketersinggungan antara mahasiswa dan anggota," ucap Lando.

Baca Juga: Buruh di Makassar Demo BPJS Ketenagakerjaan soal Pencairan JHT

3. Mahasiswa diduga keroyok polisi masih diburu

Viral Mahasiswa Pengunjuk Rasa di Makassar Diduga Keroyok PolisiKantor Polrestabes Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut kata Lando, aksi yang digelar mahasiswa saat itu merespons sejumlah isu. Di antaranya kelangkaan minyak goreng. Dia menyayangkan karena aksi berujung pengeroyokan terhadap polisi yang bertugas.

Saat ini kata Lando, pihaknya tengah memburu mahasiswa yang mengeroyok anggota polisi. "Laporannya ada, dan sementara dalam proses penyelidikan," imbuh Lando.

Baca Juga: Polisi Selidiki Bentrok Demo Mahasiswa Papua di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya