Siap-siap! PSBB di Kabupaten Gowa Mulai Diterapkan Pekan Depan

Disepakati berdasarkan hasil rapat koordinasi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengagendakan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan pada Rabu (29/4) mendatang. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, keputusan PSBB di wilayahnya ditetapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Insyallah PSBB di waktu yang telah kita tetapkan akan efektif bisa kita terapkan. Sementara akan kita rampungkan kelanjutannya, teknisnya seperti apa," kata Adnan dalam video konferensi bersama jurnalis di Makassar, Jumat (24/4).

1. Sepekan waktu persiapan sekaligus evaluasi sebelum PSBB resmi berlaku di Gowa

Siap-siap! PSBB di Kabupaten Gowa Mulai Diterapkan Pekan DepanBupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. IDN Times/Humas Pemkab Gowa

Adnan menjelaskan, penetapan PSBB di Gowa dilakukan pekan depan, disesuaikan dengan waktu sepekan setelah surat persetujuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI diterbitkan, pada Rabu (22/4) lalu.

"Artinya ada satu minggu lagi waktu untuk kita betul-betul evaluasi apa-apa yang masih perlu dipersiapkan matang kalau ada yang kurang dan kita lakukan bertepatan dengan SK Kemenkes," jelas Adnan.

Sepekan waktu sebelum PSBB Gowa ditetapkan, kata Adanan, akan dimanfaatkan untuk mematangkan hal-hal yang dianggap masih perlu dibenahi. Baik dari aspek edukasi ke warga hingga pemetaan terkait jaring pengaman sosial.

2. Sebelum PSBB, Adnan ingin pastikan bantuan Kemensos terdistribusi dengan pasti dan tepat sasaran

Siap-siap! PSBB di Kabupaten Gowa Mulai Diterapkan Pekan DepanRatusan desa di Kabupaten Gowa terapkan PSBK. IDN Times/Pemkab Gowa

Waktu sepekan menurut Adnan, cukup panjang dan efektif untuk memberikan pemahaman ke warga. Terkait hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sepanjang PSBB selama 14 hari. PSBB di Gowa akan berlangsung hingga Rabu (13/5) nanti.

"Kita ingin memberikan pemahaman yang lebih komprehensif ke masyarakat sekaitan dengan PSBB. Di samping itu juga kenapa tidak lebih awal karena kita ingin mempersiapkan dulu seluruh kebutuhan warga sebelum PSBB kita terapkan," ucapnya.

Menurut Adnan, penetapan PSBB di daerahnya tidak ingin tergesa-gesa dilakukan. Katanya, jaring pengaman sosial, khususnya ketersediaan sembako warganya jauh lebih utama dipikirkan ketimbang memulai PSBB tanpa persiapan matang.

"Kita berharap juga bantuan dari Kementerian Sosial itu terlebih dulu terdistribusi semua dulu ke warga calon penerima baru kita terapkan. Karena PSBB itu berbicara sanksi, berbicara penindakan," ujar Adnan.

Baca Juga: Jelang PSBB di Makassar, Adnan Minta Pekerja Asal Gowa Diliburkan

3. PSBB di Gowa masih dalam tahap uji coba

Siap-siap! PSBB di Kabupaten Gowa Mulai Diterapkan Pekan DepanRatusan desa di Kabupaten Gowa terapkan PSBK. IDN Times/Pemkab Gowa

Sementara ini, lanjut Adnan, pihaknya berkoordinasi dengan Forkopimda khususnya TNI-Polri tengah fokus melakukan uji coba penerapan PSBB. Mulai dari perketatan pengawasan daerah perbatasan, pendataan ulang warga terdampak, hingga kesiapan lainnya.

Adnan menyebut, aparatur pemerintahan di-18 kecamatan di daerahnya digenjot untuk bekerja lebih ekstra. Mendata warga calon penerima bantuan sosial pemda dan kementerian. Mengingat selama dua pekan warga dilarang beraktivitas di luar rumah, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Itu sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) selama dan dalam pelaksanaan PSBB. Begitu kita pastikan semuanya sudah siap, kita akan lakukan. Kita terapkan agar penyebaran COVID-19 bisa kita tekan bahkan diputuskan," pungkas Adnan.

Baca Juga: PSBB Gowa Disetujui, Kemenkes Minta Pemkab Segera Susun Regulasi 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya