Sempat Dikabarkan Hilang, 3 Pendaki Gunung Bawakaraeng Ditemukan

Ketiganya tidak meregistrasikan diri di posko pendataan

Makassar, IDN Times - Sempat dikabarkan hilang saat mendaki di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tiga pria ditemukan dalam kondisi selamat, Senin (7/9/2020).

Informasi tersebut dibenarkan Kapolsek Tinggi Moncong, Iptu Hasan Fadhly. "Iya alhamdulillah sudah ditemukan. Ketiganya dalam kondisi baik," kata Hasan kepada IDN Times, saat dikonfirmasi, Senin.

1. Salah jalur saat hendak menuju ke puncak gunung

Sempat Dikabarkan Hilang, 3 Pendaki Gunung Bawakaraeng DitemukanTim SAR mengevakuasi mayat pendaki yang meninggal di Gunung Bawakaraeng, Senin (17/8/2020). Dok. Basarnas Makassar

Informasi yang diterima dari kepolisian, ketiga pendaki tersesat itu berasal dari Kota Makassar, masing-masing Tomy (20), warga Jalan Sunu, Fadel (16) warga Sudiang, dan Danil (34) warga Barombong.

Hasan bilang, ketiganya mulai mendaki sejak Sabtu, 5 September 2020, petang. Ketiganya sempat beristirahat sejenak di pos 6 gunung sebelum melanjutkan perjalanan hendak ke puncak. "Nah setelah tiba di pos 7, korban manuver jalur kanan. Seharusnya manuver kiri," ucap Hasan.

Karena kondisi jalur yang bercabang ditambah malam hari, ketiganya nyaris saja menembus jalur bekas longsoran. "Untungnya saat itu mereka dapat sinyal telpon dan menghubungi rekannya bahwa mereka tersesat," ungkap Hasan.

2. Sempat kehabisan stok logistik

Sempat Dikabarkan Hilang, 3 Pendaki Gunung Bawakaraeng DitemukanPendaki Gunung Bawakareng/Basarnas Makassar

Hasan mengungkapkan, dalam kondisi saat itu, ketiganya panik karena jalur yang dilalui bukan menuju ke puncak, melainkan menuju ke arah bukit Tallung. Kondisi jalur ekstrem itu tidak pernah dilalui oleh pendaki karena medannya merupakan bekas longsoran.

Tim SAR gabungan di pos utama sekaligus pintu masuk gunung, mendapatkan laporan hilangnya tiga korban, Minggu, 6 September 2020 siang kemarin. Sejak saat itu, tim SAR dibantu aparat dan warga setempat langsung melakukan pencarian.

"Di tengah perjalanan mereka ini kehabisan bahan makanan. Logistik jadi mereka berusaha untuk bertahan. Sementara tim SAR mencari mereka," jelas Hasan.

Seharian dicari, ketiganya akhirnya ditemukan di antara pos 7. Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi mereka ke kawasan pedesaan di Dusun Lembanna, untuk pemulihan kondisi sekitar pukul 16.00 WITA hari ini.

Baca Juga: Puncak dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup karena Penuh Pendaki

3. Sempat misinformasi soal tersesatnya 3 pendaki hingga dinyatakan hilang

Sempat Dikabarkan Hilang, 3 Pendaki Gunung Bawakaraeng DitemukanSiaga Merah Putih Basarnas Makassar di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Makassar

Lebih lanjut kata Hasan, setelah diselidiki, ketiga warga Makassar ini tidak meregistrasikan diri di pos pemeriksaan tim SAR di pintu masuk Dusun Lembanna. "Nah makanya awalnya tim bingung, dikira yang hilang ini warga Pangkep,"  ucapnya.

Setelah dievakuasi, ketiga pemuda ini kemudian diedukasi agar mengikuti prosedur dalam proses pendakian. Minimal, mereka mendaftarkan diri di posko pemeriksaan agar memudahkan pendataan jika terjadi masalah saat mendaki.

"Kita juga tidak henti-hentinya mengimbau dan mengingatkan agar pendaki sebaiknya mematuhi aturan tang berlaku. Semata-mata untuk memberikan penanganan secara cepat kalau terjadi apa-apa," imbuh Hasan.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, 15 ribu Pendaki Peringati HUT RI di Gunung Bawakaraeng

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya