Polisi Ketahui Wajah Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar

Wajah pelaku pembakar mimbar terekam CCTV saat kejadian

Makassar, IDN Times - Kepolisian mengklaim sudah mengetahui ciri-ciri wajah pelaku pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar.

Peristiwa pembakaran terjadi pada Sabtu dini hari (25/9/2021). Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana mengatakan pihaknya masih berupaya mengenali identitas pelaku.

"Masih dalam pengejaran dan pendalaman sementara karena pelaku ini masih melarikan diri," kata Witnu kepada jurnalis saat ditemui di sela olah tempat kejadian perkara, Sabtu.

Baca Juga: Orang Misterius Bakar Mimbar Masjid Raya Makassar

1. Pelaku kabur saat dikejar petugas masjid

Polisi Ketahui Wajah Pembakar Mimbar Masjid Raya MakassarKondisi mimbar Masjid Raya Makassar yang dibakar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Witnu mengatakan peristiwa pembakaran terjadi sekitar pukul 1.30 Wita. Seorang jemaah yang menyaksikan kejadian itu langsung melaporkan ke petugas masjid.

"Sempat dikejar sama sekuriti tapi langsung lari," ungkap Witnu.

Beberapa jemaah dan petugas masjid kemudian berupaya memadamkan api yang telah membakar bagian belakang mimbar yang terbuat dari kayu.

"Sebagian yang sudah hangus terbakar itu dibagian belakang mimbar," ujar Witnu.

2. Wajah terduga pelaku terekam CCTV

Polisi Ketahui Wajah Pembakar Mimbar Masjid Raya MakassarKondisi mimbar Masjid Raya Makassar yang dibakar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Witnu bilang, pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah saksi yang tak lain adalah jemaah dan sekuriti. Petugas memperoleh informasi awal dari saksi bahwa terduga pelaku sering datang ke masjid.

"Informasi awal itu kalau pelaku orang yang tinggal tidak jauh dari sini (masjid)," kata Kapolrestabes.

Dugaan itu diperkuat dengan bukti rekaman CCTV di dalam masjid. Rekaman itu sudah disita polisi untuk bahan penyelidikan. "Pelaku tidak menutup mukanya dan melakukan ini (bakar mimbar) seorang diri," Witnu menjelaskan.

3. Polisi selidiki bahan yang digunakan membakar mimbar

Polisi Ketahui Wajah Pembakar Mimbar Masjid Raya MakassarKondisi mimbar Masjid Raya Makassar yang dibakar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Polisi, kata Witnu, masih menggelar olah TKP. Dia menunggu hasilnya dari Tim Laboratorium Forensik Bidokkes Polda Sulsel.

"Sudah ada beberapa sampel diambil untuk memastikan (bahan) apa yang digunakan, apakah bensin atau cairan kimia," katanya.

Witnu mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang beredar soal kejadian ini. "Insyaallah dalam waktu yang tidak lama kita ungkap pelakunya," kata Witnu.

Baca Juga: Sedih! Nenek Juru Parkir di Makassar Dipukuli 3 Orang, Uangnya Dicuri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya