Kebakaran Rumah Makan Cangkuning di Gowa Akibat Selang Gas Bocor

Satu korban meninggal dunia, dua dirawat intensif

Makassar, IDN Times - Satreskrim Polres Gowa, Sulawesi Selatan, mengungkap penyebab kebakaran di Rumah Makan Cangkuning, Jalan Sultan Hasanuddin. Peristiwa yang terjadi pada Senin, 31 Mei kemarin, menelan satu korban jiwa.

"Menyebabkan 3 korban. Satu meninggal dunia dan yang duanya masih dalam perawatan di rumah sakit," kata Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir kepada jurnalis di kantornya, Selasa (1/6/2021).

1. Penyebab kebakaran diduga akibat selang gas yang bocor

Kebakaran Rumah Makan Cangkuning di Gowa Akibat Selang Gas BocorKebakaran rumah makan di Gowa. IDN Times/Istimewa

Jufri mengungkapkan, kebakaran diduga terjadi akibat tabung gas yang bocor di dapur Rumah Makan Cangkuning. "Saat ada karyawan yang ganti tabung gas ada kebocoran di pipa dan ada juga kompor yang saat itu sementara menyala," ungkap Jufri. 

Kompor yang seketika meledak membuat kobaran api dengan cepat membesar dan menjalar ke semua ruangan. Sejumlah karyawan berupaya menyelamatkan diri. Namun, tiga di antaranya terjebak dalam ruangan yang terbakar.

2. Korban ditemukan setelah petugas memadamkan api

Kebakaran Rumah Makan Cangkuning di Gowa Akibat Selang Gas BocorIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Korban yang meninggal dunia ditemukan tergeletak di area kamar mandi rumah makan tersebut. Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi jenazah korban usai memadamkan api sekitar pukul 22.40 WITA.

"Jarak antara dapur dengan kamar mandi 10 meter waktu ditemukan korban. Umumnya juga luka bakar serius, termasuk yang kita temukan di dalam kamar mandi itu," jelas Jufri.

Baca Juga: Bocah di Gowa Diduga Hilang Terseret Arus Sungai Jeneberang

3. Polisi selidiki lebih lanjut kasus kebakaran Rumah Makan Cangkuning

Kebakaran Rumah Makan Cangkuning di Gowa Akibat Selang Gas BocorIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut kata Jufri, pihaknya sementara menunggu hasil penelitian tim Labfor Polda Sulsel mengenai penyebab pasti kebakaran yang terjadi. "Kita kan baru dugaan awal dalam olah tempat kejadian hari ini. Apakah ada kelalaian atau tidak, tunggu dari labfor," terangnya. 

Dalam olah TKP itu, petugas menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, sisa kompor yang terbakar serta tabung gas yang diduga sebagai sumber utama penyebabnya. Selain itu, petugas juga telah memeriksa sejumlah saksi yang tak lain adalah karyawan Rumah Makan Cangkuning.

Baca Juga: Dua Pemuda di Gowa Curi Uang Rp145 Juta untuk Kebutuhan Berfoya-Foya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya