Kebakaran Ruko di Makassar, 5 orang Meninggal Dunia

Kebakaran diduga berasal dari ledakan bohlam

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat melanda salah satu rumah toko (Ruko) di kawasan Jalan Titan - Jalan Balana, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Kamis (9/1) petang. Lima orang penghuni ruko dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono menyebut, selain kelima korban yang meninggal, ada empat korban lainnya yang hingga saat ini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Pelamonia.

"Yang selamat empat, yang meninggal lima. Yaitu dua anak-anak, dua perempuan dan satu orang laki-laki," kata Yudhiawan, saat ditemui di lokasi kebakaran, beberapa saat lalu.

Seluruh jenazah korban kebakaran, kata Yudhiawan, sementara ini telah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Sementara korban yang selamat, dirawat intensif di RS Pelamonia Jalan Jendral Sudirman, Makassar.

1. Dugaan polisi, kebakaran terjadi akibat percikan lampu

Kebakaran Ruko di Makassar, 5 orang Meninggal DuniaKebakaran ruko di Jalan Titan, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Kamis (9/1) / Sahrul Ramadan

Yudhiawan menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WITA. Warga yang menyaksikan peristiwa tersebut kemudian langsung melaporkan ke petugas pemadam kebakaran dan kepolisian setempat.

Api baru berhasil dipadamkan, setelah 14 armada dari petugas Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar) Makassar berserta aparat, berjibaku memadamkan api dan kepulan asap tebal sekitar pukul 16.30 WITA.

Hasil olah tempat kejadian sementara, petugas menduga kebakaran dipicu oleh salah satu bohlam lampu yang meledak di salah satu kamar yang berada di lantai satu ruko. "Jadi penyebabnya adalah, ada percikan dari lampu, kemudian kena bahan-bahan yang mudah terbakar," ucap Yudhiawan.

2. Ruko dua lantai yang terbakar merupakan tempat industri kebutuhan rumah tangga

Kebakaran Ruko di Makassar, 5 orang Meninggal DuniaKebakaran ruko di Jalan Titan, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Kamis (9/1) / Sahrul Ramadan

Yudhiawan menjelaskan, ruko yang terbakar adalah tempat usaha peralatan kebutuhan rumah tangga. Mulai dari rajutan bantal, kasur hingga peralatan interior ruangan lainnya.

Percikan api lampu yang meledak, diduga Yudhiawan, mengakibatkan beberapa benda yang mudah terbakar di dalam ruangan. "Karena percikan api, mengenai bahan-bahan itu makanya api dari bawah langsung menjalar ke tempat lainnya," ujarnya.

Dalam proses evakuasi, damkar, petugas kepolisian dan warga sekitar bergotong royong untuk memadamkan api yang perlahan menghanguskan beberapa kamar di dalam ruko. Kesigapan tim gabungan, membuat api tidak sampai menjalar ke rumah lain yang berada di sekitar ruko.

Baca Juga: 16 Unit Rumah Hangus Terbakar di Kawasan Padat Penduduk di Makassar

3. Polisi masih melakukan pendataan identitas seluruh korban

Kebakaran Ruko di Makassar, 5 orang Meninggal DuniaKebakaran ruko di Jalan Titan, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Kamis (9/1) / Sahrul Ramadan

Petugas, hingga saat ini masih melakukan pendataan identitas terhadap seluruh korban kebakaran ruko.

Lebih lanjut kata Yudhiawan, pihaknya hingga saat masih melakukan penyelidikan mendalam terkait penyebab pasti terjadinya musibah yang menelan korban jiwa tersebut.

"Sementara ini kita selidiki lagi karena anggota masih berada di lapangan. Termasuk tim Laboratoriun Forensik (Labfor), kita kumpulkan data-datanya biar bisa kita ketahui secara jelas," ungkapnya menutup.

Baca Juga: 20 Ruko di Rappocini Makassar Terbakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya