Comscore Tracker

Golkar Belum Pastikan Mendukung Danny Pomanto di Pilkada Makassar

Golkar menyatakan siap berkoalisi dengan siapa pun

Makassar, IDN Times - Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan Nurdin Halid menghadiri musyawarah rakyat dan deklarasi pencalonan Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto di Pilkada Makassar 2020. Namun kehadirannya pada acara di Celebes Convention Center (CCC), Sabtu (22/2) bukan berarti Golkar sudah pasti mendukung Danny di di pilkada.

Nurdin Halid belum bisa memastikan siapa kandidat yang bakal didukung Partai Golkar di Pilkada Makassar. Keputusan soal rekomendasi pencalonan disebut merupakan wewenang penuh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). 

"Masih diproses semua di DPP. Karena nanti final itu (dukungan) kalau sudah ada suratnya," kata Nurdin saat ditemui usai menghadiri Musyawarah Rakyat Danny Pomanto.

Baca Juga: Danny Pomanto Pastikan Maju Lewat Parpol di Pilkada Makassar 2020

1. Golkar pertimbangkan tiga nama sebagai penerima rekomendasi pencalonan

Golkar Belum Pastikan Mendukung Danny Pomanto di Pilkada MakassarIDN Times/Aan Pranata

Nurdin Halid menyatakan sejauh ini telah menerima tiga nama calon yang bakal menerima rekomendasi partai jelang Pilkada Makassar mendatang. Tiga nama diusulkan DPD II Golkar Makassar lewat proses penjaringan. Mereka masing-masing, Mohammad Ramdhan Pomanto, Syamsu Rizal, dan Irman Yasin Limpo.

Hanya saja kata Nurdin, hanya salah satu dari tiga nama yang diusulkan yang bakal mendapat mandat dukungan langsung dari Partai Golkar.

"Itu telah ditetapkan di DPD Golkar Sulsel kemudian diusulkan di DPP. Semuanya masih tetap dalam proses," ujar Nurdin.

2. Golkar beri sinyal rekomendasi ke Danny Pomanto?

Golkar Belum Pastikan Mendukung Danny Pomanto di Pilkada MakassarDanny Pomanto dalam Musyawarah Rakyat di CCC Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Saat ditanya terkait siapa di antara tiga nama itu yang bakal mendapatkan rekomendasi resmi dari DPP Golkar, Nurdin mengaku belum bisa memastikan. Kehadirannya dalam Musyawarah Rakyat bersama Danny Pomanto, sapaan Mohammad Ramdhan Pomanto, hanya sekadar memenuhi undangan.

"Ya karena kita diundang selaku petinggi Golkar ya saya harus datang. Siapa yang ditetapkan (rekomendasi) oleh DPP, akan diserahkan sama Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto) nanti," ungkap Nurdin.

Surat rekomendasi secara resmi kepada salah satu dari tiga nama yang telah diusulkan dinyatakan Nurdin telah melalui berbagai pertimbangan. Intinya, ditegaskan Nurdin, calon tersebut punya nama besar untuk memajukan Makassar. Surat akan diserahkan langsung pada 7 Maret 2020 mendatang.

3. Golkar siap berkoalisi dengan partai mana pun

Golkar Belum Pastikan Mendukung Danny Pomanto di Pilkada MakassarIrman Yasin Limpo (empat dari kiri) mengikuti uji kompetensi kandidat kepala daerah di Partai Golkar Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Di sisi lain, Nurdin menegaskan bahwa Golkar sama sekali tidak bisa sendirian mengusung calon dalam Pilkada Makassar nanti. Golkar siap berkoalisi dengan partai-partai, yang akan dipertimbangkan sesuai dengan ketentuan internal partai.

"Tidak ada pilihan ya kita harus berkoalisi. Dengan siapa pun kenapa tidak. Tapi nanti kita lihat saja. Tunggu saja dalam waktu dekat nanti akan dilihat," Nurdin menerangkan.

Baca Juga: Empat Bakal Calon Bupati di Sulsel Hampir Pasti Kendarai Golkar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya