Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Wajo

Banjir dipicu hujan lebat dua hari terakhir

Makassar, IDN Times - Badan SAR Nasional Sulawesi Selatan menerjunkan petugasnya untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Wajo, Sabtu (28/8/2021).

Basarnas menerjurkan personel usai mendapat laporan banjir, terutama di Desa Sakolli, Kecamatan Sajoanging, Wajo. 

"Banjir dengan ketinggian cukup tinggi di Wajo, saya mengerahkan personel untuk menuju lokasi dan membantu evakuasi," kata Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, Sabtu siang.

Baca Juga: Sungai Meluap, Banjir Genangi Rumah dan Jalur Lintas Daerah di Bone

1. Warga dievakuasi ke tempat aman

Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir di WajoTim SAR mengevakuasi warga terdampak banjir di Wajo, Sulsel/Basarnas Sulsel

Djunaidi menyebut sejumlah warga dievakuasi dan diungsikan sementara ke lokasi yang lebih aman. Tim SAR dari Kabupaten Bone, kabupaten yang terdekat dekat Wajo, juga dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.

Djunaidi menyebut ketiggian air yang merendam sebagian wilayah yang terpantau mencapai 1,5 meter. "Kami bersama BPBD Wajo mengevakuasi menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman," jelasnya.

2. SAR gabungan pantau wilayah terdampak banjir lainnya

Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir di WajoTim SAR mengevakuasi warga terdampak banjir di Wajo, Sulsel/Basarnas Sulsel

Djunaidi mengatakan, laporan sementara yang diterima hingga siang ini, banjir masih menggenangi sejumlah desa di beberapa kecamatan. Basarnas Sulsel berkoordinasi dengan BPBD hingga TNI-Polri masih menelusuri lokasi terdampak parah.

"Kami sementara melaksanakan pemantauan dan bagi warga yang (di lingkungannya) mengalami debit air yang cukup tinggi kami langsung evakuasi. Mudah-mudahan hari ini debit sudah mulai berkurang," ucapnya.

3. Banjir juga terjadi di sejumlah wilayah Sulsel

Basarnas Evakuasi Warga Terdampak Banjir di WajoTangkapan layar rekaman video banjir merendam jalan di Bone, Sulsel/Screenshoot

Di Sulsel, banjir terjadi tak hanya di Wajo. Banjir juga dilaporkan terjadi di Kabupaten Bone, Luwu Utara, dan Soppeng.

Di Bone, banjir merendam jalan penghubung antar daerah, pemukiman hingga sawah warga. Banjir dipicu hujan dengan intensitas lebat sejak Kamis.

"Ketinggian bervariatif dari 1 sampai 1,5 meter," kata Kepala BPBD Bone Dray Vibrianto kepada IDN Times saat dihubungi, Sabtu.

Baca Juga: Sebagian Luwu Utara Banjir usai Hujan Lebat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya