6 Pemain Nene Mallomo Pemukul Wasit Liga 3 Jadi Tersangka

Dua pemain sudah ditahan, empat lainnya sedang dikejar

Makassar, IDN Times - Petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Enrekang, Sulawesi Selatan, menetapkan enam orang pemain PS Nene Mallomo Sidrap, sebagai tersangka.

Penetapan tersangka adalah buntut dari aksi penganiayaan dan pengeroyokan wasit Romi Daeng Rewa pada pertandingan Liga 3. Romi dianiaya pada pertandingan Nene Mallomo melawan Gasma Enrekang, di Enrekang, Jumat pekan lalu.

"Para tersangka tersebut dijerat dengan pasal Pasal 170 KUHP (pengeroyokan) juncto Pasal 351 KUHP (penganiayaan) dengan ancaman hukuman 6 tahun," kata Kapolres Enrekang Andi Sinjaya dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Polisi Periksa 10 Orang Terkait Pengeroyokan Wasit Liga 3

1. Dua pemain sudah ditahan, empat masih diburu

6 Pemain Nene Mallomo Pemukul Wasit Liga 3 Jadi TersangkaTangkapan layar video pengeroyokan wasit Romi Daeng Rewa di laga babak 6 besar Liga 3 Sulsel antara PS Nene Mallomo Sidrap versus Gasma Enrekang di Stadion Bumi Massenrempulu Enrekang, Jumat 24 November 2021. (Dok. Istimewa)

Sinjaya mengatakan, dari enam pemain yang jadi tersangka, dua di antaranya sudah ditahan. Mereka masing-masing Ilham Selano dan Arman Surianto.

Saat ini enam pemain lain yang turut jadi tersangka sementara diburu. Mereka adalah Safwan, Muhammad Syamdan, Al Ashari, dan Ilham.

2. Polisi sita sejumlah bukti

6 Pemain Nene Mallomo Pemukul Wasit Liga 3 Jadi TersangkaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sinjaya menjelaskan, pihaknya menetapkan enam pemain sebagai tersangka setelah melalui gelar perkara. Petugas juga sudah menyita sejumlah alat bukti, di antaranya hasil visum terhadap korban.

"Bukti lain (rekaman) video, sepatu dan baju yang digunakan wasit," Sinjaya menerangkan.

Sinjaya menyebut kondisi wasit Romi kini perlahan membaik. Akibat dikeroyok, dia menderita sejumlah luka di bagian wajah. Antara lain luka robek di pelipis serta lebam di punggung.

3. Video pengeroyokan dan penganiayaan wasit sempat viral di medsos

6 Pemain Nene Mallomo Pemukul Wasit Liga 3 Jadi TersangkaTangkapan layar video pengeroyokan wasit Romi Daeng Rewa di laga babak 6 besar Liga 3 Sulsel antara PS Nene Mallomo Sidrap versus Gasma Enrekang di Stadion Bumi Massenrempulu Enrekang, Jumat 24 November 2021. (Dok. Istimewa)

Video pengeroyokan wasit Romi sempat viral di media sosial. Dalam video yang beredar di medsos, nampak salah seorang pemain PS Nene Mallomo memukul wasit karena tak puas dengan keputusan sang pengadil lapangan. Aksi ini menjadi awal mula kericuhan terjadi.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi berterima kasih dengan Asprov PSSI Sulawesi Selatan dan pihak Kepolisian yang bergerak cepat menangani kasus ini.

‘’Terima kasih banyak kepada semua yang membantu untuk menyelesaikan kasus ini. Mudah-mudahan ini menjadi efek jera bagi siapapun untuk tidak melakukan kekerasan lagi terhadap perangkat pertandingan,’’ ujar Yunus.

Baca Juga: Wasit Liga 3 Sulsel Dikeroyok Pemain, PSSI Geram

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya