Berprestasi, Petani Luwu Timur Diundang ke Istana Merdeka

Sidik akan mengikuti peringatan HUT ke-74 kemerdekaan RI

Malili, IDN Times - Seorang petani asal Sulawesi Selatan, Sidik Purnomo, diundang secara khusus untuk mengikuti peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. 

Sidik diundang untuk hadir di Istana Merdeka pada 17 Agustus mendatang. Sidik merupakan petani berprestasi, demikian dikutip dari situs Antara (12/8). Pemerintah Kabupaten Luwu Timur siap membiayai perjalanan Sidik Purnomo ke Jakarta hingga kembali ke desanya.

1. Sidik didaulat sebagai petani berprestasi nasional tahun 2019

Berprestasi, Petani Luwu Timur Diundang ke Istana MerdekaIDN Times/Toni Kamajaya

Sidik merupakan petani asal Desa Sindu Agung Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Tahun ini dia diundang untuk menghadiri peringatan kemerdekaan RI sebagai petani berprestasi nasional tahun 2019.

Pemberian penghargaan kepada Sidik melalui surat undangan dari Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dengan nomor B-/2292/TU.030/I/08/2019 perihal penerima penghargaan tingkat nasional tahun 2019. Sidik berhasil meraih penghargaan petani berprestasi terpadu meliputi tanaman pangan, peternakan dan perikanan.

Baca Juga: Sarat Nilai Lokal, Ini Tiga Tradisi Iduladha di Sulawesi Selatan

2. Bupati Luwu Timur siap membiayai perjalanan Sidik ke Jakarta hingga kembali ke Desa Sindu Agung

Berprestasi, Petani Luwu Timur Diundang ke Istana Merdeka(Ilustrasi pesawat Citilink) www.instagram.com/@citilink

Sebelum berangkat ke Jakarta, Sidik Purnomo diundang ke Rumah Dinas Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler pada Sabtu, 10 Agustus lalu. Dalam pertemuan itu, Bupati Thorig mengaku bangga pada prestasi petani asal daerahnya.

"Saya berharap Sidik Purnomo bisa terus berkarya dan menjadi inspirator bagi pemuda-pemuda Luwu Timur untuk terus mengembangkan sektor pertanian," kata Husler.

Lebih lanjut dia mengutarakan bahwa pemerintah kabupaten siap memfasilitasi agar Sidik bisa hadir dalam peringatan kemerdekaan di Istana Merdeka tersebut. "Termasuk biaya transportasi mulai dari keberangkatan dari Sindu Agung ke Istana Merdeka sampai kembali ke Sindu Agung," tambah Husler.

3. Dua desa di Luwu Timur juga meraih juara tingkat nasional

Berprestasi, Petani Luwu Timur Diundang ke Istana MerdekaANTARA FOTO/HO/Diskominfo Lutim

Selain Petani Berprestasi, Kabupaten Luwu Timur juga meraih juara Lomba Desa Tingkat Nasional 2019. Dua desa yang meraih prestasi itu adalah Desa Sorowako, Kecamatan Nuha.

Kepala Desa Sorowako, Jihadin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Ketua BPD juga diundang menghadiri upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta dan mendapat uang pembinaan senilai Rp1 miliar.

Jihadin mengungkap, desanya berhasil meraih juara karena beberapa inovasi yang dilakukan. Antara lain: pelayanan malam, pelayanan ke dusun-dusun, transparansi kegiatan, Sorowako kampung mengaji, pemanfaatan dana desa taman iniaku, inovasi kegiatan BumDes, dan gerakan Ayo BeiBeh-Berani Bersih Hebat, serta Lingkungan Pesisir.

Wah hebat!

Baca Juga: Sulawesi Selatan Penerima Terbanyak Penghargaan KLA 2019

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya