Pupuk Indonesia Serahkan Bantuan Makanan bagi Korban Bencana di Sulsel

Bantuan PT Pupuk Indonesia disalurkan melalui BPBD Sulsel

Makassar, IDN Times - PT Pupuk Indonesia menyerahkan bantuan kebutuhan pangan kepada korban terdampak bencana alam akibat cuaca esktrem di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terjadi sepekan terakhir.

Vice President Penjualan Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua (Sulamapa) Pupuk Indonesia, Roh Eddy Andri menyerahkan langsung bantuan yang diterima oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Muhammad Firda.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BPPD yang sudah menerima sumbangan kami untuk buffer stock atas bencana-bencana yang kemungkinan terjadi di Sulawesi Selatan. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya dan semoga BPBD bisa menjalankan amanah yang sudah kami berikan,” kata Roh Eddy dalam rilis pers, Rabu (28/12/2022).

1. Bantuan dari PT Pupuk Indonesia untuk korban bencana di Sulsel

Pupuk Indonesia Serahkan Bantuan Makanan bagi Korban Bencana di SulselWarga membawa barangnya saat menyeberangi jalan yang tergenang banjir di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/12/2022). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bantuan buffer stock yang diberikan, kata Roh Eddy, berupa sembako yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terdampak selama cuaca ekstrim ke depannya. Adapun bencana cuaca ekstrim yang telah terjadi di 14 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Bantuan buffer stock ini akan disalurkan oleh BPBD Sulawesi Selatan kepada korban bencana akibat terjadi cuaca ekstrim yang ditandai dengan pasang air laut dan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, pohon tumbang, puting beliung, dan abrasi di beberapa daerah di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

2. Bantuan disalurkan ke 14 kabupaten

Pupuk Indonesia Serahkan Bantuan Makanan bagi Korban Bencana di SulselKondisi rumah yang terendam banjir di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/12/2022). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ketua Forum Koordinasi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FK-TJSLP) Sulawesi Selatan, Latunreng, juga turut hadir dalam seremoni penyerahan bantuan. Selain itu, beberapa pihak dari BUMN juga memberikan bantuan seperti PT Pegadaian dan Pelindo.

Dalam rilis pers PT Pupuk Indonesi disebutkan, berdasarkan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat 14 daerah yang terdampak cuaca buruk yaitu Kabupaten Takalar, Soppeng, Pinrang, Kepulauan Selayar, Jeneponto, Gowa, Sidenreng Rappang (Sidrap), Enrekang, Wajo, Kota Pare-pare, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Bone, Maros, dan Kota Makassar.

Baca Juga: Longsor Tutup Akses Maros-Bone, 6 Korban Tertimbun Belum Ditemukan

3. Bencana banjir dan longsor di Sulsel

Pupuk Indonesia Serahkan Bantuan Makanan bagi Korban Bencana di SulselLokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/BPBD Maros

Lokasi banjir terparah akibat cuaca ekstrem di Sulawesi Selatan, antara lain di Kabupaten Soppeng, Wajo, Maros, dan Kota Makassar. Kemudian bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Gowa dan Enrekang, Pangkep dan Bone.

Selain itu, abrasi pantai terjadi di Kabupaten Takalar dan Pinrang, kemudian bencana angin puting beliung terjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Jeneponto, Sidrap dan, Kota Parepare.

Baca Juga: Bantuan Mengalir untuk Korban Terdampak Longsor di Gowa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya