Bos Abu Tours Beli 3 Apartemen Mewah & Cicil Rumah di Perumahan Elit

Apartemen dan rumah senilai miliaran

Makassar, IDN Tmes - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan lima saksi dalam lanjutan sidang Abu Tours di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (28/11). Di persidangan, saksi mengaku pemilik Abu Tours Hamzah Mamba telah membeli tiga apartemen di wilayah Panakkukang dan menyicil rumah di komplek perumahan mewah di kabupaten Gowa, Citraland.

Reviona, saksi dalam persidangan mengatakan dirinya tak kenal pemilik Hamzah Mamba dan apa kerjaannya. Alasannya dia bukan bagian administrasi atau keuangan. “Saya tidak kenal dia (Hamzah),” kata dia dihadapan majelis hakim.


 

1. Hamzah Mamba beli tiga apartemen di Jalan Topaz Makassar

Bos Abu Tours Beli 3 Apartemen Mewah & Cicil Rumah di Perumahan ElitIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Bos Abu Tours membeli tiga apartemen yang harganya berkisar Rp 2 miliar lebih. Diantaranya satu apartemen seharga Rp 860 juta, dan dua unit masing-masing Rp 426 juta. “Dia (Hamzah) langsung transfer dan melunasinya secara bertahap,” ucap Reviona. Dengan nama kepemilikan Nursyariah Mansyur, namun yang membayarkan apartemen itu yakni Surianti.

Menurutnya tiga apartemen itu telah dilunasi sejak Oktober 2016, yang jika diangsur selama 33 bulan. “Tapi semua sudah disita polisi,” tambahnya. Saat dimintai tanggapan Hamzah Mamba membenarkannya, dia melunasi tiga apartemen tersebut secara bertahap.


 

Baca Juga: Sidang Abu Tours, Saksi Akui Dana Mengalir ke Pesantren di Gowa

2. Satu rumah di Citraland juga dicicil Hamzah Mamba

Bos Abu Tours Beli 3 Apartemen Mewah & Cicil Rumah di Perumahan ElitIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Saksi kedua yang dihadirkan JPU, Rizky Aulia mengungkapkan jika bos Abu Tours juga sempat mencicil rumah seharga Rp 5,6 miliar seluas 300 meter persegi di Jalan Hertasning. Menurutnya, Hamzah telah memberikan uang muka sebesar Rp 1,6 miliar yang diangsur sebanyak sembilan kali. “Surianti juga yang transfer uang itu dan lunas April 2017,” tutur Rizky.

Ia juga mengaku telah diambil keterangannya oleh polisi soal kasus dugaan pencucian uang jemaah ribuan orang di 15 provinsi se-Indonesia. Hamzah Mamba dan isterinya juga mengakui semua keterangan saksi benar.


 

3. Servis motor gede (Moge) milik bos Abu Tours belum dibayar

Bos Abu Tours Beli 3 Apartemen Mewah & Cicil Rumah di Perumahan ElitIDN Times Sulsel/Didit Hariyadi

Syamsuddin pemilik bengkel motor besar yang ditempati Hamzah servis motor hingga kini belum dibayar. Kendaraan mewah roda  dua itu masuk bengkel lantaran bermasalah, namun ketika sudah bagus Hamzah tak kunjung mengambilnya. Padahal diservis pada 2012 dan motor itu masih ada sampai 2017. “Motor itu jenis trail 1200 cc seharga Rp400 juta,” kata dia dihadapan majelis hakim.

Meski masih ada dibengkel, dirinya juga tak pernah meminta ongkos alasannya motor tersebut masih ada dibengkelnya. “Sekarang telah disita polisi,” tambahnya. Ia memang mengenal Hamzah Mamba karena masuk kumpulan motor gede. Mereka sering tur ke sejumlah daerah seperti Solo dan Bali. “Tapi kalau tur pakai motor Harley Davidson,” ucap Syamsuddin.


 

Baca Juga: Sidang Lanjutan Kasus Abu Tours, Agen Akui Rugi Puluhan Miliar Rupiah

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya