14 Kabupaten/Kota di Sulsel Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Jumlah KLA di Sulsel bertambah

Makassar, IDN Times - Sebanyak 14 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan bakal dinobatkan sebagai kabupaten/kota layak anak. Penobatan tersebut dilakukan pada malam penganugerahan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) bagi gubernur dan wali kota seluruh Indonesia di Hotel Four Points by Sheraton, Selasa (23/7).

Dari jumlah tersebut masih ada 10 kabupaten/kota di Sulsel yang belum masuk kategori layak anak. Oleh karena itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan agar ke depan, Sulsel harus menuju kota layak anak di seluruh kabupaten/kota.

1. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA

14 Kabupaten/Kota di Sulsel Raih Penghargaan Kota Layak AnakIDN Times/Istimewa

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulsel, Askari membenarkan terdapat 14 kabupaten/kota yang digadang-gadang mendapat penghargaan KLA. Penghargaan itu langsung akan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise.

"Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, akan ada 14 kabupaten/kota yang penghargaan dapat KLA . Ini akan diserahkan langsung ibu menteri malam ini," ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Nurdin Yakin Sulsel Jadi Provinsi Layak Anak

2. Jumlah kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat penghargaan bertambah

14 Kabupaten/Kota di Sulsel Raih Penghargaan Kota Layak AnakIDN Times/Istimewa

Pada tahun 2018, terdapat 12 kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat penghargaan KLA. Tahun ini, angka tersebut meningkat menjadi 14 kabupaten/kota; Makassar, Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, Sidrap, Sinjai, Bone, Maros, Gowa, Luwu Utara, Palopo, Luwu Timur, Kota Parepare, Soppeng, dan Takalar.

Askari mengungkapkan setiap tahun penerima penghargaan KLA meningkat di Sulsel. "Pada tahun 2017, 8 kabupaten/kota, di tahun 2018, ada 12 kabupaten/kota, tahun 2019 jadi 14 kabupaten kota," sambungnya.

3. Pemprov Sulsel komitmen jadi provinsi layak anak

14 Kabupaten/Kota di Sulsel Raih Penghargaan Kota Layak AnakIDN Times/Istimewa

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah juga menegaskan program untuk anak-anak merupakan salah satu prioritas pemerintah. Ia menyatakan komitmennya menjadikan Sulsel sebagai provinsi layak anak. "Sulawesi Selatan telah berkomitmen sejak lama dan akan terus berkomitmen untuk mewujudkan Sulawesi Selatan menjadi Provinsi Layak Anak," tegasnya.

Untuk itu, Gubernur Nurdin juga meminta sinergi setiap pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. "Seluruh bupati dan wali kota juga harus berusaha untuk terus meningkatkan upaya sinergis dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Sulawesi Selatan," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Sebut Narkoba dan Teknologi Jadi Ancaman Bagi Anak

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya