Viral Video Begal Rampas Ponsel Mahasiswi Makassar, Pelaku Ditangkap

Modus pura-pura tanya alamat

Makassar, IDN Times - Seorang terduga pelaku begal, IP alias Messi (27), ditangkap polisi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (1/9/2022).

Messi, warga asal Jalan Andi Djemma, Makassar ini, ditangkap Resmob Polsek Panakkukang dan Resmob Polda Sulsel di rumahnya sekitar pukul 12.00 Wita.

"Pelaku diamankan di rumahnya, ada juga barang bukti yang diamankan tim Resmob gabungan," ujar kepala seksi (Kasi) Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando Karua Sambolangi, Jumat petang (2/9/2022).

1. Messi dilaporkan membegal mahasiswa

Viral Video Begal Rampas Ponsel Mahasiswi Makassar, Pelaku DitangkapTerduga pelaku begal, IY alias Messi (27) saat diamankan anggota Resmob Polsek Panakkukang, Kamis (1/9/2022). (Istimewa/Dok.Resmob Makassar)

Tidak ada perlawanan saat pelaku begal diamankan, tim Resmob juga berhasil amankan barang bukti berupa satu unit handphone merek Samsung A12, dan satu motor Yamaha yang dipakai pelaku.

Kata Lando, berdasarkan catatan kasus atau laporan polisi yang menyangkut aksi begal itu terjadi pada tanggal 25 Agustus 2022, sekitar pukul 16.00 Wita.

"Korbannya itu adalah seorang mahasiswi warga Rappocini (Makassar). Kejadiannya itu di Jalan Meranti, kompleks Maizonette daerah Panakukkang," katanya.

2. Modus pura-pura tanya alamat

Viral Video Begal Rampas Ponsel Mahasiswi Makassar, Pelaku DitangkapKepala Seksi Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando saat diwawancarai wartawan, Jumat (10/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Berdasarkan laporan korban, lanjut Lando, korban AN sedang melintas di Jalan Meranti kompleks Maizonette memakai sepeda motor, diikuti oleh pelaku lalu berpura-pura menanyakan alamat ke korbannya.

"Modus pelaku ini menanyakan alamat ke korbannya, tapi secara cepat pelaku ambil ponsel Samsung yang ada dalam dasbor motor dan langsung kabur," jelas Lando.

Diketahui, tempat kejadian perkara ini tidak jauh dari pos tim Resmob Polsek Panakkukang.

Baca Juga: Kapolrestabes Makassar Yakin Kasus Begal dan Geng Motor Berkurang

3. Kasus Messi sempat viral

Viral Video Begal Rampas Ponsel Mahasiswi Makassar, Pelaku DitangkapAksi terduga begal, IP alias Messi (27) yang terekam CCTV saat merampas ponsel korban/Istimewa

Sebelum Messi diamankan tim Resmob, sebuah video pendek dari hasil rekaman CCTV di lokasi kejadian, sempat viral di media sosial memperlihatkan aksinya.

"Jadi kasus ini sempat viral juga di media sosial, karena ada rekaman video beredar. Aksi pelaku terekam saat merampas unit ponsel milik korban yang juga sementara menelpon pakai ponsel lain," terang Lando.

"Saat interogasi pelaku juga mengaku aksi tersebut, pelaku akui mengikuti korban dari arah belakang dan pada saat pelaku punya kesempatan langsunh mendekati korban dan menarik handphone itu," tambahnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Seorang Pelaut jadi Begal di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya