Viral Tukang Bentor di Makassar Diduga Siksa Anjing, APHI Lapor Polisi

APHI harap kasus ini jadi pembelajaran masyarakat

Makassar, IDN Times - Sebuah video dugaan penyiksaan seekor anjing di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang dilakukan seorang pengemudi bentor, viral di sosial media.

Video itu langsung direspons oleh Aliansi Peduli Hewan Indonesia (APHI), yang melaporkan kasus tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Makassar, Rabu (30/8/2023).

"Jadi sore ini kami sudah resmi melaporkan terkait video dugaan penyiksaan hewan dalam hal ini anjing," ungkap Ketua umum APHI, Rahmat Ninoe Mone kepada wartawan usai memasukkan laporannya.

1. Laporan APHI terkait dugaan tukang bentor siksa anjing

Viral Tukang Bentor di Makassar Diduga Siksa Anjing, APHI Lapor PolisiKetua Alinasi Peduli Hewan Indonesia (APHI), Rahmat Ninoe Mone. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dalam video yang berdurasi 11 detik tersebar di sosial media, peristiwa dugaan penyiksaan anjing itu terjadi di Jalan R.A Kartini, Kecamatan Ujung Pandang, atau tepat depan Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Terlihat di video tersebut, pelaku sementara mengendarai bentor milikinya sambil mengikat seekor anjing menggunakan rantai besi. Nampak anjing tersebut terseret dan menjadi perhatian pengguna jalan.

"Video itu kami terima dari teman sesama pecinta hewan juga, kemarin malam jam 8. Jadi kami laporkan terkait dengan dugaan penyiksaan hewan yang dilakukan oleh oknum pengendara bentor," terang Rahmat.

2. APHI harap kasus ini jadi pembelajaran masyarakat

Viral Tukang Bentor di Makassar Diduga Siksa Anjing, APHI Lapor PolisiIlustrasi anjing (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Rahmat pun berharap, laporan tersebut bisa diproses langsung pihak penyidik Polrestabes Makassar. Selain itu dia juga menilai, melalui kasus tersebut masyarakat bisa belajar agar tidak semena-mena menyiksa hewan.

"Harapan kami dari APHI semakin banyak informasi yang kita sampaikan dan melalui kasus ini bisa juga mengedukasi masyarakat, dan semakin kecil juga tindak penyiksaan hewan atau peliharaan," jelas Rahmat.

Baca Juga: Viral Siswa SD Gowa Suapi Temannya yang Difabel, Banjir Komentar Haru

3. Penyidik Polrestabes Makassar janji akan cek langsung TKP

Viral Tukang Bentor di Makassar Diduga Siksa Anjing, APHI Lapor PolisiKasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan J.M Hutagaol. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan J.M Hutagaol mengaku sudah menerima terkait informasi dugaan penyiksaan itu. Pihaknya juga sementara ini akan menyelidiki.

"Kita dari Polrestabes akan menindak lanjuti dan akan mengecek TKP (tempat kejadian perkara), serta bagaimana kondisi anjing itu seperti apa. Videonya baru kita dapat juga," singkat AKBP Ridwan di Polrestabes Makassar.

Baca Juga: Viral Pencuri di Makassar Tewas saat Ditangkap Polisi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya