Viral, Baru Tiba di Makassar Penumpang Kapal Mengaku Dipalak Preman

Polisi janji akan berjaga setiap ada kapal yang masuk

Makassar, IDN Times - Sebuah video viral terkait aksi premanisme terhadap seorang penumpang kapal Pelni terjadi di Jalan Nusantara, depan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Video yang diduga direkam korban itu viral karena disematkan kata terkait Makassar yang dicap sebagai kota dengan angka kriminal yang tinggi. Pihak kepolisian pun mengaku sudah mulai melakukan penindakan.

"Jadi untuk sementara ini anggota sudah dilapangan. Kita langsung menurunkan anggota di lapangan," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Firman kepada wartawan, Kamis (21/9/2023).

Sebagai informasi, dalam video yang viral tersebut seorang penumpang kapal mengaku kesal karena baru tiba di Makassar, dia langsung dimintai uang Rp200 ribu tanpa alasan.

"B*jingan! baru tiba di Makassar sudah langsung kena palak preman, tidak heran sih kalau Makassar di cap sebagai kota dengan angka kriminalitas yang tinggi miris," tulis korban dalam keterangannya yang tersebar di beberapa akun instagram.

1. Polres Pelabuhan imbau korban untuk melapor

Viral, Baru Tiba di Makassar Penumpang Kapal Mengaku Dipalak PremanTangkapan layar dari video viral aksi premanisme di Pelabuhan Makassar. (Istimewa)

Firman pun meminta kepada korban atau perekam video agar langsung melaporkan kasus itu apabila sudah menemukan aksi premanisme. Hal tersebut dilakukan agar polisi langsung menindak secara cepat.

"Kami berharap, jadi ketika memang ada korban pemalakan dan aksi premanisme agar segera melaporkan itu kepada kami untuk dilakukan tindak tegas," tegasnya.

"Jadi saya himbau kembali kepada korban, kiranya memang kalau merasa dirugikan dapat melaporkan kepada kami. Intinya, kita dari Polres Pelabuhan memberikan rasa aman bagi penumpang yang ada di wilayah hukum pelabuhan," lanjut Firman.

2. Belum ada laporan polisi

Viral, Baru Tiba di Makassar Penumpang Kapal Mengaku Dipalak PremanKasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Firman. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Firman mengaku, walaupun saat ini tidak ada laporan atau aduan dari korban tapi pihaknya sudah menurunkan anggota untuk mencari fakta terkait viral penumpang kapal dipalak di pelabuhan Makassar.

"Kan belum ada laporan tapi kami sudah menurunkan anggota di lapangan untuk mencari kebenaran tersebut. Intinya kami akan membersihkan preman-preman yang ada di pelabuhan," Firman menjelaskan.

Baca Juga: Preman Modus Jukir di Pelabuhan Makassar Mengaku Kerjasama Orang Dalam

3. Polisi janji akan berjaga setiap ada kapal yang masuk

Viral, Baru Tiba di Makassar Penumpang Kapal Mengaku Dipalak PremanIlustrasi. Anak buah kapal beraktivitas di dekat KM Lambelu yang bersandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/5/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Aksi premanisme ini bukan kali pertama terjadi di depan Pelabuhan Makassar. Untuk itu kata Firman, pelibatan anggota di lokasi depan gerbang pelabuhan akan dimasifkan.

"Jadi kami akan menurunkan anggota ke sana setiap ada kapal yang mau sandar. Itu untuk memberantas atau mengurangi angka premanisme," tambah Firman.

Baca Juga: Polres Pelabuhan Makassar Tes Urine Anggotanya usai 2 Polisi Beli Sabu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya