Preman Modus Jukir di Pelabuhan Makassar Mengaku Kerjasama Orang Dalam

Pelindo Regional 4 menekankan tidak ada pungutan liar

Makassar, IDN Times - Kawasan depan gerbang Pelabuhan Makassar di Jalan Nusantara, kerap jadi lokasi preman berkedok juru parkir liar beraksi. Tak sedikit pengendara motor maupun mobil yang jadi korban pungutan liar.

Pelaku tak segan-segan meminta retribusi parkir liar kepada pengendara, tak jarang dengan nada mengintimidasi. Di antara mereka bahkan ada yang mengatasnamakan PT Pelindo.

Seorang juru parkir liar yang ditemui IDN Times di lokasi, yang mengaku bernama Anto, mengatakan di lokasi itu sudah lama berlaku retribusi. Dia menyebut aktivitasnya bekerja sama dengan PT Pelindo Regional 4 Makassar selaku pengelola Pelabuhan makassar.

"Kita resmi dari Pelindo, parkir motor di sini (depan gerbang) Rp5 ribu, kalau mobil itu Rp10 ribu, kita setor didalam," kata Anto dengan nada tinggi, Sabtu (1/7/2023).

Saat dimintai tanda pengenal resmi PT Pelindo, Ando mengatakan belum mendapatkannya. Lalu saat ditanyai soal karcis penarikan retribusi parkir, dia tak punya. "Sudah habis pak, karena banyak tadi motor," ucapnya.

Baca Juga: Modus Tanya Alamat, Pencuri di Makassar Babak Belur Dihajar Massa

1. Pelindo menegaskan tidak ada pungli

Preman Modus Jukir di Pelabuhan Makassar Mengaku Kerjasama Orang DalamPT Pelindo Regional 4 menerapkan sistem karcis elektronik di kawasan pelabuhan rakyat Paotere Makassar. (Dok. IDN Times/Pelindo Regional 4)

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid menanggapi soal aktivitas parkir liar di depan gerbang Pelabuhan Makassar. Dia memastikan itu bukan retribusi resmi dan di luar kewenangan pihaknya.

"Tidak ada pungutan, (jukir liar) itu sudah kita infokan ke Pos Lantas tapi tidak ada respons," katanya.

2. Pelindo berjanji akan menindaki para jukir liar

Preman Modus Jukir di Pelabuhan Makassar Mengaku Kerjasama Orang DalamAktivitas parkir kendaraan depan gerbang masuk Pelabuhan Pelindo 4 Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Suhadi mengatakan, sebenarnya kawasan depan gerbang Pelabuhan Makassar bukan kewenangan Pelindo Regional 4. Dia menyebut penindakan aktivitas parkir liar seharusnya jadi ranah kepolisian, dalam hal ini Polres Pelabuhan.

Meski demikian, Suhadi menyatakan pihaknya akan menindaki aktivitas jukir liar, terutama di sekitar gerbang Pelabuhan, karena banyak dikeluhkan orang. "Senin kita tindaki," kata Suhadi.

3. Polisi pernah menindaki dua preman modus jukir

Preman Modus Jukir di Pelabuhan Makassar Mengaku Kerjasama Orang DalamDua preman di Makassar yang modus jadi juru parkir ditangkap tim Polres Pelabuhan Makassar. (Istimewa)

Kapolres Pelabuhan AKBP Yudi Frianto belum menanggapi saat hendak dikonfirmasi soal penindakan jukir liar di sekitar Pelabuhan Makassar. Dia belum merespons panggilan telepon dan pesan singkat yang ditujukan padanya.

Beberapa waktu lalu, petugas Polres Pelabuhan sempat menangkap dua preman dengan modus juru parkir liar di depan Pelabuhan Makassar. Penangkapan dua pelaku setelah video pemalakan pengendara mobil viral di media sosial. Namun penangkapan tersebut terbukti belum membuat pelaku lain jera, karena masih marak aktivitas serupa.

Baca Juga: Pelaku Teror Busur Panah di Makassar Diamuk Massa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya