Modus Tanya Alamat, Pencuri di Makassar Babak Belur Dihajar Massa

Pelaku jadi bulan-bulanan massa, rekannya kabur dengan motor

Makassar, IDN Times - Seorang pelaku pencurian jadi bulan-bulanan massa di Jalan Gunung Latimojong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu pagi (1/7/2023). Pelaku dihajar warga setempat usai mencari kalung emas milik seorang ibu rumah tangga.

Pelaku, Amran, 33 tahun, beraksi dengan modus tanya alamat. Saat korban lengah, pria beralamat Jalan Veteran Utara itu pun membawa kabur barang-barang berharga. Namun kali ini aksinya tak berjalan mulus.

"Yang bersangkutan dihajar massa pagi tadi di sekitar jalan Latimojong, sekarang pelaku sudah diamankan anggota Polsek Makassar," kata Kepala Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando K. Sambolangi saat dikonfirmasi IDN Times, sabtu sore.

Baca Juga: Pelaku Teror Busur Panah di Makassar Diamuk Massa

1. Pelaku tanya alamat dan menarik kalung emas korban

Modus Tanya Alamat, Pencuri di Makassar Babak Belur Dihajar MassaIlustrasi Pencuri (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut kronologi kejadian yang dihimpun polisi, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 8.05 pagi. Saat itu korban bernama Ilinche (55), warga Jalan Sungai Poso, sedang berjalan kaki dari pasar menuju ke rumahnya.

Pelaku yang berboncengan dengan rekannya sempat turun dan berinteraksi dengan korban. Dia berpura-pura menanyakan alamat, sebelum membawa kabur kalung emas korban.

"Saat itu pelaku tanya alamat tapi langsung pelaku menarik itu kalung emas di lehernya (korban) dan kabur, tapi dikejar warga dan didapat," kata Lando.

2. Pelaku dihajar massa, rekannya kabur

Modus Tanya Alamat, Pencuri di Makassar Babak Belur Dihajar MassaIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Lando mengatakan, pelaku beraksi bersama seorang rekannya. Namun pria yang diketahui berinisial IK itu kabur saat Amran jadi bulan-bulanan massa.

"Jadi pelaku ini yang dimasaa memang dia hanya lari kejar itu temannya untuk naik ke motor, tapi warga langsung menangkapnya dan dihakimi. Kondisinya agak parah juga jadi dibawa ke rumah sakit," kata Lando.

3. Polisi mengimbau masyarakat selalu waspada

Modus Tanya Alamat, Pencuri di Makassar Babak Belur Dihajar MassaKepala Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando Karua Sambolangi. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Lando mengingatkan warga Makassar agar selalu waspada, terutama di tempat umum. Dia mengimbau orang tak mudah percaya dengan siapa pun yang tidak dikenali, karena pelaku kejahatan bisa beraksi di mana saja.

"Senantiasa waspada di manapun berada sehingga tidak menjadi korban kejahatan. Jika membawa barang berharga maka itu harus dijaga dengan baik, selalu berhati-hati menghadapi orang yang baru dikenal karena banyak modus baru yang dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk mendapatkan keuntungan," kata Kompol Lando.

"Kita juga imbau apabila ada kejadian agar segera lapor kepada aparat atau hal-hal yang mencurigakan. Silahkan laporkan ke bantuan polisi di nomor 082133669110, nomor ini ada WA juga," dia menambahkan.

Baca Juga: IRT di Makassar Coba Bunuh Diri karena Sering Dianiaya Suami

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya