Polres Pelabuhan Makassar Tes Urine Anggotanya usai 2 Polisi Beli Sabu

Polda akan uji paket sabu yang dibeli Aipda SD dan Bripka IF

Makassar, IDN Times - Polres Pelabuhan Makassar langsung melakukan pemeriksaan urine kepada semua anggota polisi, pasca penangkapan Aipda SD dan Bripka IF saat membeli narkoba, Senin (31/7/2023).

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (3/8/2023). Kata Yudi, tes urine itu dilakukan sebagai evaluasi internal usai penangkapan dua anggotanya.

"Jadi kemarin itu sudah kita laksanakan cek urine semua anggota kami. Pelaksanaan tes urine itu tanpa terkecuali, kalau untuk proses hukum kedua anggota itu di Polda," ungkap AKBP Yudi lewat sambungan telepon.

Diberitakan IDN Times Sulsel, Aipda SD dan Bripka IF ditangkap tim Pengamanan Internal (Paminal) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) saat kedua oknum polisi ini membeli paket hemat narkoba jenis sabu di Makassar.

1. Polda pastikan Aipda SD dan Bripka IF ditahan Propam

Polres Pelabuhan Makassar Tes Urine Anggotanya usai 2 Polisi Beli SabuMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dikonfrimasi terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, memastikan dua polisi pembeli sabu tersebut masih dalam proses pemeriksaan tim Profesi dan Pengamanan (Propam).

"Keduanya sudah ditahan dan sementara masih dalam proses pemeriksaan penyidik Propam Polda. Untuk perkembangan proses pemeriksaan itu masih kita tunggu, karena ini kan diselidiki," terang Kombes Komang.

2. Polda akan uji paket sabu yang dibeli Aipda SD dan Bripka IF

Polres Pelabuhan Makassar Tes Urine Anggotanya usai 2 Polisi Beli SabuIlustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait barang bukti yang diamankan berupa paket hemat yang dibeli kedua polisi tersebut, Kombes Komang mengaku tidak mengetahui detail jumlah sabu, termasuk penjual paket narkoba itu.

"Kan barang bukti itu sudah diamankan, tapi barang bukti itu tetap diuji di lab (Laboratorium) apakah sabu atau bukan. Kalau diamankan dengan itu (bandar) tidak ada, tetapi tetap pengembangan ke sana," jelasnya.

Baca Juga: Kasus Dokter Aniaya Balita di Makassar, Polisi: Belum Ada Kata Damai

3. Komang sebut soal sanksi tunggu dari Propam

Polres Pelabuhan Makassar Tes Urine Anggotanya usai 2 Polisi Beli SabuKepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kombes Komang Suartana juga menambahkan, sanksi tegas kepada Aipda SD dan Bripka IF terggantung pada hasil penyelidikan dan pemeriksaan pihak Propam Polda Sulsel.

"Soal sanksi itu kan nanti kita lihat proses pemeriksaannya dulu, ditunggu saja perkembangannya seperti apa tapi jika terbukti yang pasti ditindak tegas," tambah Komang.

Baca Juga: Dua Polisi di Makassar Ditangkap saat Beli Narkoba Paket Hemat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya