Urai Kemacetan, Begini Rekayasa Lalin di Jembatan Barombong Makassar

Petugas polisi lalu lintas dikerahkan berjaga di lokasi

Makassar, IDN Times - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar menerapkan rekayasa arus lalu lintas di sekitar jembatan jalan poros Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Rekayasa sebagai solusi atas kemacetan yang kerap terjadi, terutama di pagi dan sore hari.

Kepala Satuan Lantas Polrestabes Makasar AKBP Zulanda mengatakan, rekayasa lalu lintas sudah diterapkan selama beberapa hari terakhir.

"Alhamdulillah sudah clear untuk kemacetan dan perpadatan lalin jembatan Barombong," kata AKBP Zulanda kepada IDN Times Sulsel, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Biang Kemacetan, Danny Pomanto Usul Pembangunan Jembatan Barombong

1. Rekayasa lalin solusi terbaik

Urai Kemacetan, Begini Rekayasa Lalin di Jembatan Barombong MakassarPolisi Lalu Lintas jajaran Polrestabes Makassar saat melaksanakan rekayasa lalu lintas di Jembatan Barombong. (Dok.Lantas Polrestabes Makassar)

Zulanda mengatakan, saat ini rekayasa arus lalu lintas jadi solusi terbaik atas permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di sekitar jembatan Barombong. Persoalan itu kerap dikeluhkan masyarakat yang setiap hari melintas di sana.

"Langsung diperintahkan bapak Dirlantas (Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel) kepada semua jajaran Lantas Polrestabes, bekerjasama dengan instansi terkait untuk rekayasa arus lali Barombong," katanya.

2. Begini rekayasa lalu lintas di jembatan Barombong

Urai Kemacetan, Begini Rekayasa Lalin di Jembatan Barombong MakassarIlustrasi rekayasa jalan. IDN Times/Humas Bandung

Berikut ini rekayasa lalu lintas yang diterapkan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar di kawasan jembatan jalan poros Barombong, Kecamatan Tamalate:

  • Mulai pagi pukul 06.00 - 08.00 Wita berlaku penutupan total kendaraan yang datangnya dari jembatan Kaccia menuju mulut pintu masuk jembatan Barombong. Sehingga yang mau menuju ke jembatan Barombong, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tersebut wajib memutar satu arah menuju jembatan Kaccia lanjut SMAN 20 dan tembus kembali ke arah Pemandian Alam menuju Jembatan Barombong.
  • Atau, satu arah menuju Jembatan Kaccia - SMAN 20 - tembus ke SPBU Barombong lanjut ke Pemandian Alam untuk menuju Jembatan Barombong arah ke Makassar.
  • Pada Sore pada pukul 16.00 - 18.00 Wita juga berlaku pola yang sama namun ada perbedaan, di mana kendaraan dari Makassar yang keluar dari Jembatan Barombong dapat menuju rute alternatif lewat jembatan Kaccia menuju SMAN 20.

3. Polisi tetap berjaga di lokasi

Urai Kemacetan, Begini Rekayasa Lalin di Jembatan Barombong MakassarKepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda saat diwawancarai. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

AKBP Zulanda mengatakan, meski sudah ada rekayasa, pihaknya tetap mengerahkan petugas berjaga di lokasi. Dia berharap masyarakat bisa mematuhi pengalihan tersebut untuk mencegah kemacetan.

"Pelaksanaan akan dikerjakan secara penuh oleh jajaran kami dan pengawasan penuh sampai menjadi kebiasaan," kata Zulanda.

Baca Juga: Jembatan Barombong Kerap Macet karena Volume Kendaraan Berlebih

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya