Tanpa Izin, Polisi Makassar Cekal Fashion Show Transpuan

Polisi berdalih mengantisipasi gejolak penolakan ormas

Makassar, IDN Times - Personel Polsek Makassar membubarkan rencana kegiatan peragaan busana atau fashion show transpuan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin malam (1/8/2022). Alasannya terkait perizinan.

Polisi dipimpin Kapolsek Makassar AKP Andi Aris membubarkan sekumpulan orang yang berkumpul di sebuah tempat karaoke di Jalan Gunung Latimojong. Pembubaran itu sebelum acara dimulai.

"Kami dari pihak kepolisian ambil tindakan ini karena memang ini tidak ada surat pemberitahuan atau izin masuk ke kita," kata Andi Aris kepada wartawan di lokasi.

Baca Juga: Gerebek Judi Sabung, Polisi di Makassar Cuma Dapat Ayam Mati

1. Pembubaran untuk hindari gejolak ormas

Tanpa Izin, Polisi Makassar Cekal Fashion Show TranspuanKapolsek Makassar, AKP Andi Aris saat berbicara dengan seorang transpuan saat proses pembubaran, Senin malam (1/8/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Aris mengatakan, pihaknya tidak hanya mempersoalkan izin acara. Kepolisian juga mengantisipasi gangguan keamanan akibat acara itu. Sebab dikhawatirkan, ada organisasi masyarakat tertentu yang menolak kegiatan itu.

Saat proses pembubaran, sejumlah orang ditengarai dari salah satu ormas mulai terlihat berkumpul di lokasi. Polisi menghindari potensi gesekan antara masyarakat di lokasi.

"Karena informasi yang kami terima langsung ada Ormas yang mau ke lokasi untuk mereka bubarkan. Kita antisipasi adanya intimidasi dan gangguan kamtibmas," ujar Andi Aris.

2. Rencana kegiatan fashion show

Tanpa Izin, Polisi Makassar Cekal Fashion Show Transpuanilustrasi acara peragaan busana (pixabay.com/AhmadArdity)

Andi Aris mengatakan, menurut interogasi polisi, di lokasi memang ada rencana menggelar peragaan busana. Pesertanya dari kalangan transpuan.

"Jadi mereka ini rencananya mau membuat fashion show dan dirangkaikan dengan ada ulang tahun, kebetulan yang ulang tahun itu waria juga jadi ada tambahan itu," kata Andi Aris.

3. Ormas membuntuti rombongan peserta

Tanpa Izin, Polisi Makassar Cekal Fashion Show TranspuanIlustrasi Wanita-Pria (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut informasi yang dihimpun IDN Times, mereka yang dibubarkan sempat berencana memindahkan kegiatan di tempat lain. Mereka menuju salah satu tempat karaoke di Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang.

Namun kegiatan mereka urung terlaksana karena sekelompok anggota ormas terus membuntuti pergerakan mereka. Saat tiba di Panakkukang, polisi turut berjaga dan meminta rombongan bubar.

Baca Juga: Lantamal VI Makassar Sita 324 Karung Karang Merah Siap Ekspor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya