Polisi Tangkap Satu Lagi Perampok Bersenjata Badik di Makassar

Uang hasil perampokan Rp4,1 juta, kini tersisa Rp400 ribu

Makassar, IDN Times - Petugas Polsek Mamajang Kota Makassar menangkap satu lagi pelaku perampokan bersenjata badik yang videonya tersebar di media sosial. Pelaku bernama M. Fajar (18) itu sempat buron.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Mamajang iptu Andi Ilham mengatakan, Fajar ditangkap di rumah keluarganya di Jalan M. Tahir, Kecamatan Tamalate, Selasa (29/8/2023).

"Pelaku kita amankan di kampung Lepping Tamalate, tim kami diback up oleh tim Jatanras Polrestabes Makassar sekitar pukul 14.30 Wita kemarin siang," kata Iptu Ilham saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/8).

Aksi pencurian bersenjata badik terjadi di sebuah toko kelontong di Jalan Singa, Mamajang, Sabtu dini hari (26/8/2023). Usai video kejadian beredar di medsos, polisi lebih dulu menangkap satu pelaku, Andika Saputra (21).

Baca Juga: Polisi Kejar Perampok Toko Kelontong Bersenjata Badik di Makassar

1. Uang hasil perampokan Rp4,1 juta, kini tersisa Rp400 ribu

Polisi Tangkap Satu Lagi Perampok Bersenjata Badik di MakassarBarang bukti yang diamankan pihak Polsek Mamajang. (Istimewa)

Polisi lebih dulu menangkap Andika sebelum menangkap rekannya bernama Fajar. Polisi yang menginterogasi pelaku memperoleh keterangan bahwa mereka membaw akabur uang Rp4,1 juta dan sejumlah barang dagangan dari toko kelontong. Hasil kejahatan itu dibagi rata kedua pelaku.

Saat ditangkap, kedua pelaku sudah menggunakan uang hasil rampokannya. Yang tersisa cuma sebagian kecil.

"Jadi pelaku yang pertama diamankan itu hanya diamankan pakaian yang dipakai saat beraksi dan satu unit motor, uang curian habis dipakai. Untuk pelaku Fajar ini diamankan uang sisa Rp400 ribu," terang Andi Ilham.

2. Barang bukti tas dibakar, badik disembunyikan rekan pelaku

Polisi Tangkap Satu Lagi Perampok Bersenjata Badik di MakassarDua pelaku perampokan hendak memperagakan aksinya di Polsek Mamajang. (Istimewa)

Andi Iliham mengatakan, polisi masih mencari badik yang digunakan pelaku mengancam penjaga toko. Pelaku mengaku badik itu dititip ke seorang teman.

"Badik yang digunakan pelaku Andika itu dibawa rekannya yang lain inisial AD, itu masih kita cari. Ada lagi barang bukti yang lain berupa tas yang dipakai pelaku Fajar tapi telah dibakar oleh rekannya inisial AR," ucap Ilham.

3. Kedua pelaku sudah merencanakan perampokan

Polisi Tangkap Satu Lagi Perampok Bersenjata Badik di MakassarAksi perampokan di sebuah toko kelontong di Makassar terekam kamera CCTV. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya Kapolrestabes Makassar Kombes M. Ngajib menyebut kejadian perampokan di toko kelontong Jalan Singa sebagai kejahatan terencana. Hal itu diketahui dari rekaman video yang menunjukkan pelaku beberapa kali mendatangi dan keluar-masuk toko.

"Pelaku sudah merencanakan, karena melihat toko itu buka sampai larut malam. Sebenarnya sudah melebihi dari pada jam operasional, makanya pelaku memanfaatkan kondisi itu untuk beraksi," kata Ngajib, Senin (28/8/2023).

Menurut rekaman CCTV yang beredar di medsos, pelaku Andikan tiga kali masuk dan keluar toko kelontong. Yang pertama berpura-pura membeli, meminjam korek untuk membakar rokok, serta membeli bensin eceran sebelum beraksi.

Baca Juga: Viral Pencuri di Makassar Tewas saat Ditangkap Polisi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya