Polisi: Kebakaran Pasar Sentral Makassar karena Puntung Rokok

931 los pedagang Pasar Sentral Makassar hangus terbakar

Makassar, IDN Times - Penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelabuhan Makassar, akhirnya memastikan penyebab kebakaran 931 los di Pasar Sentral yang terjadi pada 27 Desember 2022 silam.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudhi Frianto, mengatakan, penyebab kebakaran di Pasar Sentral karena api yang berasal dari puntung rokok atau obat nyamuk bakar.

"Kemarin hasil dari Labfor, dinyatakan awal mula api dari los nomor 39 di situ dijual baju anak-anak. Penyebab open flame, bisa puntung atau obat nyamuk bakar," ungkap Yudhi kepada wartawan, Rabu (8/2/2023).

1. Kebakaran Pasar Sentral dipastikan bukan korsleting

Polisi: Kebakaran Pasar Sentral Makassar karena Puntung RokokTim Labfor Polda Sulsel mengambil sampel di lokasi kebakaran Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Uji sampel yang diambil oleh Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dilakukan kurang lebih 40 hari, untuk menentukan dan memastikan penyebab kebakaran di Pasar Sentral Makasar.

Meski penyebab kebakaran telah diketahui, kata Yudhi, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut terkait kemungkinan adanya unsur kesengajaan.

"Di situ (los 39) dinyatakan tidak ada bahan kimia, kayak bensin. Karena ini dipastikan tidak ada korsleting listrik tapi open flame, maka hal ini akan kita dalami, karena ada hasil dari Labfor kita detail lagi pemeriksaanya," jelas Yudhi.

2. Periksa 18 saksi, polisi sebut bisa bertambah

Polisi: Kebakaran Pasar Sentral Makassar karena Puntung RokokSejumlah orang di sekitar lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar berusaha melewati garis polisi. IDN Times/Dahrul Amri

Sejauh ini penyidik Reskrim Polres Pelabuhan Makassar telah memeriksa 18 orang saksi. Tidak menutup kemungkin, karena kasus masih didalami penyidik, maka bisa jadi ada penambahan saksi.

"Sudah 18 saksi, mungkin nanti dari hasil pemeriksaan Labfor mungkin ada penambahan untuk pendalaman lebih lanjut, kita periksa secara detail lagi, seperti sekuriti dan saksi pertama yang melihat api," lanjut Yudhi.

Baca Juga: 840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi Sementara

3. Cerita saksi dengar obrolan pria misterius "siap-mi"

Polisi: Kebakaran Pasar Sentral Makassar karena Puntung RokokWana (22) salah satu pedagang pasar Sentral Makassar yang tokonya terbakar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Diberitakan IDN Times Sulsel, seorang pedagang Pasar Sentral Makasssar bernama Wana mengaku berada di lokasi kejadian saat kebakaran. Sebelum api merambat cepat, dia melihat pria misterius tidak jauh dari titik awal kebakaran.

"Jadi sebelum kebakaran saya lihat laki-laki, saya tidak kenal, dia itu pakai jaket hitam sama masker hitam. Itu laki-laki menelpon terus bilang siap-mi," kata Wana kepada wartawan, Kamis (29/12/2022) silam.

Wana menceritakan, dia berpapasan dengan laki-laki misterius itu sekitar pukul 18.20 Wita. Saat itu beberapa pedagang lain baru saja pulang dari salat magrib di masjid yang berada di sekitar pasar.

Saat itu, sebagian besar pedagang sudah menutup toko atau losnya. Wana sendiri baru saja pulang dari sebuah toko lain di Pasar Sentral. Rencananya dia kembali ke tokonya untuk menunggu temannya.

"Waktu itu saya tunggu temanku untuk buat konten video, karena dia yang biasa ajak saya. Jadi di situ saya lihat itu laki-laki, tapi saya hiraukan, langsung saya ke tempatnya (toko) temanku itu," kata Wana

"Saya sampai di toko temanku, sementara buat konten video itu saya tanya temanku kalau ada bau-bau terbakar. Tidak lama saya bilang itu orang berteriak (kebakaran), di situ saya langsung lari," tambahnya.

Baca Juga: Dua Pekan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar Sentral

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya