Dua Pekan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar Sentral

Tim labfor disebut sibuk mengurusi kasus lain

Makassar, IDN Times - Sudah dua pekan lebih berlalu sejak peristiwa kebakaran Pasar Sentral Makassar. Namun hingga kini polisi belum menyimpulkan penyebab kebakaran yang menghanguskan 931 kios di pelataran pasar itu.

Kasus kebakaran Pasar Sentral ditangani penyidik Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Makassar. Dalam upaya pengungkapan penyebab, mereka dibantu tim Laboratorium Forensik Polda Sulsel. Saat ini, penyidik disebut masih menunggu hasil pengumpulan sampel oleh labfor di lapangan.

"Belum ada, kita masih menunggu hasil dari tim Labfor," kata Kepala Satreskrim Polres Pelabuhan AKP Prawira Wardhany saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga: 840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi Sementara

1. Tim labfor disebut sibuk menangani kasus lain

Dua Pekan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar SentralTim Labfor Polda Sulsel mengambil sampel di lokasi kebakaran Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Tim Labfor Polda Sulsel sudah turun mengambil sampel dan barang bukti di lokasi kejadian pada 29 Desember 2022 lalu. Sejumlah saksi juga dimintai keterangan.

Wardhany mengungkapkan bahwa tim labfor belum bisa segera memberikan hasil penyelidikan kasus kebakaran Pasar Sentral Makassar. Sebab di saat yang sama, mereka juga menangani kasus lain di luar daerah.

"Belum ada hasilnya karena mereka sementara ada giat di daerah Ternate (Maluku Utara). Untuk itu kita masih menunggu perkembangan kasus dari mereka," ucapnya.

2. Polisi pelajari rekaman CCTV di lokasi

Dua Pekan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar SentralKepala Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, AKP Prawira Wardhany saat diwawancarai. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sambil menunggu hasil penyelidikan tim labfor, penyidik Polres Pelabuhan memintai keterangan saksi-saksi. Saat ini setidaknya sudah ada 12 orang diperiksa.

Polisi juga mempelajari rekaman CCTV di salah satu titik di lokasi kejadian. Diharapkan dari rekaman itu ada petunjuk yang bisa mengarah kepada penyebab kebakaran.

"Kami juga mendalami satu CCTV di lokasi pasar sentral bgaian belakang, tapi hasilnya belum juga keluar, itu masih proses juga," Wardhany menerangkan.

3. Kebakaran hanguskan 931 kios

Dua Pekan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar SentralKondisi terkini pasca kebakaran 931 lods di Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kebakaran melanda Blok B bagian Selatan di Pasar Sentral Makassar pada Selasa malam, 27 Desember 2022. Sebanyak 931 kios ludes terbakar.

Direktur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein, menerangkan bahwa kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp70 miliar. Hal ini melihat jumlah kios yang terbakar dan jenis barang yang dijual.

"Ada pedagang baju anak modalnya sekitar Rp30 sampa Rp40 juta. Penjual baju gamis sekitar Rp70 sampai Rp80 juta. Jadi, saya ambil rata-rata kira-kira kalau satu los (kios) misalnya sekitar Rp60 juta kali 900, sekitar Rp50-60 sampai Rp70 miliar paling maksimal," kata Ichsan ketika dikonfirmasi, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Pasar Sentral

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya