840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi Sementara

Pedagang tanggung sendiri pembangunan los sementara

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar segera merelokasi pedagang korban kebakaran Pasar Sentral di Blok B selatan. Sebanyak 840 pedagang akan direlokasi di Jalan H Ramli sesuai dengan yang direncanakan di awal.

Menurut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Pomanto' para pedagang telah menyatakan sepakat untuk direlokasi ke jalan H Ramli yang berada tak jauh dari Pasar Sentral. Dia menyebut kesepakatan itu berdasarkan pertemuan Perumda Pasar Karya Makassar bersama para pedagang beberapa waktu lalu.

"Mereka (pedagang) sudah sepakat. Sudah tanda tangan, saya lihat semua," katanya di Makassar, Kamis (5/1/2023).

1. Biaya pembangunan los ditanggung pedagang

840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi SementaraMasih ada beberapa titik api di lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Relokasi pedagang korban kebakaran Pasar Sentral Makassar akan menempati sepanjang Jalan H Ramli. Dinas Pekerjaan Umum akan memberikan bantuan kepada para pedagang berupa material seng untuk pembangunan atap los.

Setelahnya, para pedagang sendiri yang akan membangun los-los mereka menggunakan material yang diberikan Dinas PU. Kendati demikian, biaya pembangunan los sementara itu tetap ditanggung masing-masing pedagang.

"Jadi di KH Ramli disepakati  840 los, terus mereka bangun sendiri, kami bantu atap dari PU," kata Danny.

2. Pemkot tak izinkan pedagang lain masuk

840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi SementaraSejumlah orang di sekitar lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar berusaha melewati garis polisi. IDN Times/Dahrul Amri

Danny mengaku menerima laporan ada pedagang lain yang juga hendak membangun los di Jalan H Ramli. Namun dia menegaskan bahwa lokasi itu hanya akan ditempati oleh pedagang yang losnya hangus terbakar. 

Dengan demikian, tidak boleh ada pedagang lain yang menempati area relokasi itu. Lagipula, pedagang yang akan membangun los sementara di sana adalah mereka yang telah bertanda tangan.

"Tidak boleh ada lebih. By name by address," kata Danny.

Baca Juga: Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral Makassar

3. Sebanyak 931 los habis terbakar

840 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Sentral Direlokasi SementaraSejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pasar Sentral, tepatnya di bagian Blok B Selatan, mengalami kebakaran hebat pada 27 Desember 2022 malam. Kebakaran ini diperkirakan menimbulkan kerugian material sekitar Rp70 miliar. 

Selain itu, sebanyak 931 los dilaporkan ludes terbakar. Namun pedagang yang direlokasi berjumlah 840 karena ada beberapa yang mempunyai lebih dari satu los di blok tersebut.

Para pedagang ini pun direlokasi sementara ke Jalan H Ramli. Di samping itu, rencana revitalisasi juga akan dipercepat menyusul peristiwa kebakaran itu.

Baca Juga: Misteri Ucapan "Siap" Sebelum Pasar Sentral Makassar Terbakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya