Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Masih ada beberapa titik api di lokasi kebakaran

Makassar, IDN Times - Sejumlah pemulung besi dan barang bekas memasuki lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis siang (29/12/2022).

Menurut Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Pelabuhan Makassar, Kompol Sugeng Suprijanto, orang-orang tersebut terpaksa dikejar karena memasuki lokasi yang kini masih diselidiki pihak kepolisian untuk memastikan penyebab kebakaran.

"Kita kan sudah berikan imbauan kepada masyarakat agar tidak boleh masuk TKP (tempat kejadian perkara), karena itu bisa merusak TKP yang mau diselidiki," terang Sugeng kepada wartawan di lokasi.

Saat ini pihak penyidik Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Makassar dan pihak Laboratorium Forensik (Labfor) Polri di Makassar sedang menyelidiki penyebab kebakaran 931 lods toko di Pasar Sentral Makassar yang terjadi pada, Selasa malam (27/12/2022).

1. Sejumlah orang bawa gerobak mau terobos garis polisi

Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral MakassarKondisi terkini pasca kebakaran 931 lods di Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pantauan IDN Times Sulsel, memang di sekitar lokasi kebakaran sudah dipasangi garis polisi. Walaupun begitu, sejumlah orang yang membawa karung dan gerobak becak berusaha untuk masuk ke lokasi tersebut.

"Makanya tadi saat ada yang mau masuk dan sempat di dalam itu langsung anggota kejar. Ada juga tadi anak-anak yang bawa gerobak becak untuk mau ambil barang-barang yang sebenarnya bukan miliknya langsung saya larang," ungkap Sugeng.

2. Masih ada beberapa titik api di lokasi kebakaran

Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral MakassarMasih ada beberapa titik api di lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Di tengah-tengah lokasi kebarakan pasar juga masih terlihat jelas kepulan asap dan beberapa titik api yang perlahan terus membesar.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar menurunkan beberapa mobil untuk tangani kebakaran Pasar Sentral Makassar. Api sempat padam. Namun, meski hujan mengguyur lokasi setempat, namun titik api masih juga bermunculan.

Baca Juga: Polisi Periksa Dua Saksi Kebakaran Pasar Sentral Makassar

3. Memastikan penyebab kebakaran

Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral MakassarSejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Untuk diketahui, sampai saat ini penyidik Polres Pelabuhan Makassar belum bisa memastikan penyebab kasus kebakaran 931 lods milik pedagang di Pasar Sentral Makassar.

Menurut Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto, tim Reserse Kriminal yang tangani kasus kebakaran ini masih menunggu tim Labfor Polri cabang Makassar yang masih berada di luar daerah.

"Olah TKP (tempat kejadian perkara) sudah. Cuman tim Labfor belum karena masih di Mamuju. Makanya saya belum bisa jawab (penyebabnya), itu tim Labfor akan pastikan, termasuk titik api," kata Yudi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (28/12/2022).

Selain menunggu Labfor Polri, pihak penyidik Reserse Kriminal Polres Pelabuhan juga telah mengambil keterangan beberapa saksi di lokasi.

"Kemarin setelah kita olah TKP langsung penyidik mengambil keterangan beberapa saksi, ada tiga saksi. Terkait teknisnya itu (identitas tiga saksi) itu sama Kasatres ya, semua ada disana," lanjut Yudi Frianto.

Baca Juga: Polisi Tunggu Penyelidikan Labfor soal Kebakaran Pasar Sentral

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya