Misteri Ucapan "Siap" Sebelum Pasar Sentral Makassar Terbakar

Saksi yang melihat titik awal api belum diperiksa polisi

Makassar, IDN Times - Wana, 22 tahun, merupakan satu dari ratusan pedagang di Pasar Sentral Makassar yang tokonya ludes dilalap api. Kebakaran melanda pelataran Blok B bagian Selatan pada Selasa malam, 27 Desember 2022.

Wanita itu termasuk saksi yang ditanyai tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel, saat olah tempat kejadian perkara (TKP), Kamis sore (29/12/2022). Usai olah TKP, dia menunjukkan kepada wartawan lokasi yang diyakini titik api berasal.

Wana mengaku berada di lokasi kejadian saat kebakaran. Sebelum api merambat cepat, dia melihat orang misterius tak jauh dari titik awal kebakaran.

"Jadi sebelum kebakaran saya lihat laki-laki, saya tidak kenal, dia itu pakai jaket hitam sama masker hitam. Itu laki-laki menelpon terus bilang siap-mi," kata Wana kepada wartawan, Kamis.

Baca Juga: Labfor Ambil Sampel Kebakaran Hanguskan 931 Kios Pasar Sentral

1. Berpapasan dengan pria misterius sebelum buat konten video

Misteri Ucapan Siap Sebelum Pasar Sentral Makassar TerbakarWana (22) salah satu pedagang pasar Sentral Makassar yang tokonya terbakar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Wana menceritakan, dia berpapasan dengan laki-laki misterius itu sekitar pukul 18.20 Wita. Saat itu beberapa pedagang lain baru saja pulang dari salat magrib di masjid.

Saat itu, sebagian besar pedagang sudah menutup toko atau lodsnya. Wana sendiri baru saja pulang dari sebuah toko lain di Pasar Sentral. Rencananya dia kembali ke tokonya untuk menunggu temannya.

"Waktu itu saya tunggu temanku untuk buat konten video, karena dia yang biasa ajak saya. Jadi disitu saya lihat itu laki-laki, tapi saya hiraukan, langsung saya ke tempatnya (toko) temanku itu," kata Wana.

"Saya sampai di tokonya temanku, sementara buat konten video itu saya tanya temanku kalau ada bau-bau terbakar. Tidak lama saya bilang itu orang berteriak (kebakaran), di situ saya langsung lari," lanjutnya.

2. Saksi yang melihat titik api belum diperiksa polisi

Misteri Ucapan Siap Sebelum Pasar Sentral Makassar TerbakarMasih ada beberapa titik api di lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Menurut Wana, titik api berasal dari sebuah toilet umum di antara kios-kios. Api menjalar begitu cepat ke dinding yang bahannya gampang terbakar. Wana tidak sempat selamatkan sebagian dagangannya.

"Sebelum saya lari itu saya sempat intip ke arah WC dan api dari situ. Saya sempat lari ke tokoku untuk buka rolling (pintu) tapi asap tebal sekali jadi saya pergi selamatkan motorku," jelas Wana.

Saat kejadian, Wana mengataka sempat menelepon pengeloa WC umum, namun dia disangka bercanda. "Istrinya juga bilang begitu karena memang saya kan sering bercanda sama dia," ucapnya.

Wana menambahkan, sejak kejadian sampai saat olah TKP baru dia ditanya oleh tim Labfo. Sementara tim penyidik Polres Pelabuhan yang menangani kasus itu belum memanggilnya untuk dimintai keterangan.

3. Pihak kepolisian sudah periksa delapan saksi

Misteri Ucapan Siap Sebelum Pasar Sentral Makassar TerbakarWakapolres Pelabuhan Makassar, Kompol Sugeng saat diwawancarai. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Wakil Kepala Polres Pelabuhan Makassar Kompol Sugeng menyatakan, pihaknya terus menyelidiki kejadian kebakaran Pasar Sentral. Hingga hari ketiga usai kejadian, penyidik Reserse Kriminal sudah memeriksa delapan saksi.

"Kami terus lakukan penyelidikan, sampai kita bisa simpulkan apakah ini dibakar atau tidak. CCTV masih dicari sama penyidik," ucap Sugeng.

Setelah selesainya olah TKP oleh Labfor Polda, polisi menyerahkan pengamanan lokasi kebakaran kepada Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya.

"Personel kami tidak tarik, tapi kan disini ada pos juga, tetap dalam pantauan kepolisian," Sugeng menambahkan.

Baca Juga: Pemulung Besi-Barang Bekas Serbu TKP Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya