Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi 2 Diperpanjang Tiga Hari

Polda Sulsel minta bantuan kapal ke Mabes Polri

Makassar, IDN Times - Operasi pencarian korban Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 2 yang karam di perairan Selat Makassar, Sulawesi Selatan, diperpanjang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi usai memantau operasi pencarian via udara bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan Heli Puma milik Polri, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Dua Korban Meninggal KM Ladang Pertiwi Belum Dikenali

1. Pencarian diperpanjang tiga hari

Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi 2 Diperpanjang Tiga HariKepala Basarnas Sulsel, Djunaidi saat memberikan keterangan terkait tenggepamnya KM SAR Kamajaya. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Djunaidi menyampaikan, operasi pencarian para korban akan diperpanjang tiga hari. Hal ini karena belum semua korban kecelakaan kapal yang ditemukan.

"Hal ini disebabkan karena masih ada 16 korban belum ditemukan," kata Djunaidi.

Selain itu, pertimbangan lain Basarnas memperpanjang pencarian, karena pada hari kelima dan keenam pencarian tiga korban berhasil ditemukan meninggal.

Dalam proses pencarian ini, tim Basarnas dibantu dengan tim SAR Polda Sulsel, TNI AD, TNI AL, Bakamla, BPBD Sulsel, dan juga beberapa unsur dan pihak terkait lainnya.

2. Polda minta bantuan ke Mabes Polri

Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi 2 Diperpanjang Tiga HariKapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana bersama Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi saat wawancara terkait pencarian korban KM Ladang Pertiwi 2, Jumat (3/6/2022). Istimewa

Dengan diperpanjangnya proses pencarian selama tiga hari kedepan, Polda Sulsel berkoordinasi dengan Markas Besar (Mabes) Polri di Jakarta. Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, kepolisian akan mendukung penuh pencarian.

"Kami pun sudah melaporkan ke pimpinan kami di Mabes Polri terkait untuk bantuan heli, kemudian kapal dari Mabes Polri akan kita tambah untuk pencarian," kata Nana.

Sementara itu terkait kedua korban yang ditemukan meninggal, Irjen Nana menyatakan saat ini pihaknya dari Pos Mortem atau DVI Polda sedang berupaya mengidentifikasi.

3. Polda harap warga pulau melapor

Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi 2 Diperpanjang Tiga HariMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Untuk mempermudah tim Basarnas Sulsel dalam pencarian korban, Polda Sulsel berarap agar warga di Pangkep turut membantu. Jika menemukan korban di perairan sekitar, agar segera dilaporkan ke petugas.

"Karena memang di lokasi sana banyak pulau. Jadi ketika ada warga yang menemukan agar segera melapor ke pihak terkait," kata Irjen Nana Sudjana.

Sejauh ini tiga korban kecelakaan KM Ladang Pertiwi 2 ditemukan meninggal. Sehingga tersisa 16 korban lagi dari perkiraan 50 penumpang.

KM Ladang Pertiwi 02 berlayar dari Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar pada Rabu (25/5/2022). Kapal hendak menuju ke beberapa pulau di Pangkep, seperti, Pulau Pemantauang, Masalima, Saliriang, dan Pamalikang. Namun kapal kecelakaan dan tenggelam dalam pelayarannya di Selat Makassar.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Ini Kesaksian Nakhoda KM Ladang Pertiwi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya