Dua Korban Meninggal KM Ladang Pertiwi Belum Dikenali

Ciri-ciri mayat perempuan pakai cincin

Makassar, IDN Times - Dua korban meninggal KM Ladang Pertiwi 2 tiba di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat pagi (3/6/2022). Sejauh ini kedua jasad itu belum dikenali wajah dan identitasnya.

Kedua korban yang diketahui laki-laki dan perempuan itu tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta, Peti Kemas Makassar dengan KN SAR 104 Kamajaya milik Basarnas Sulsel.

Dua korban tersebut ditemukan di perairan Pamantauang Pangkep, berjarak 15 mil laut dari pulau, Kamis (2/6/2022) pukul 16.40 Wita.

Baca Juga: Dua Korban KM Ladang Pertiwi 2 Ditemukan Meninggal Dunia

1. Korban perempuan pakai cincin

Dua Korban Meninggal KM Ladang Pertiwi Belum DikenaliTangkapan layar foto korban tenggelam KM Ladang Pertiwi 2 yang dievakuasi Basarnas Sulsel ke Makassar, Jumat (3/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Kepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel dan On Scene Coordinator (OSC) Operasi SAR Ladang Pertiwi 2, Muh Rizal mengatakan, satu jasad perempuan bercirikan cincin di jari. Berdasarkan laporan pihak keluarga, jasad itu dikaitkan dengan salah satu penumpang kapal.

"Tadi ada pihak keluarga yang datang ke kami dan menunjukkan ciri-ciri cincin yang melekat di jarinya, dan hampir sesuai yang ada di foto keluarga tersebut," kata Rizal.

"Karena ada kesesuaian maka langsung kami arahkan keluarga korban tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara," lanjut Rizal.

2. Korban laki-laki nyaris tidak dikenali

Dua Korban Meninggal KM Ladang Pertiwi Belum DikenaliKepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel dan On Scene Coordinator (OSC) Operasi SAR Ladang Pertiwi 2, Muh Rizal saat diwawancarai, Jumat (3/6/2022). Dahrul Amri/IDN Timea Sulsel

Saat KN SAR 104 Kamajaya sandar, tim Dokpol Polda Sulsel dan Basarnas Sulsel langsung mengevakuasi kedua jenazah ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Makassar.

Rizal menyebut, dari kedua mayat tersebut yang susah untuk dikenali adalah mayat laki-laki. Nyaris bagian tengkorak wajahnya tidak utuh dan bagian rahang tersisa gigi.

"Untuk itu kita minta ke pihak keluarga untuk ke RS Bhayangkara," jelasnya.

3. Korban sempat dibawa ke Pamantauang

Dua Korban Meninggal KM Ladang Pertiwi Belum DikenaliKN SAR 104 Kamajaya milik Basarnas Sulsel saat hendak sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dalam evakuasi korban meninggal KM Ladang Pertiwi 2, Jumat (3/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Rizal menjelaskan, setelah kedua korban ditemukan, Kamis (2/6) pukul 16.40 Wita oleh tim SAR, jasadnya sempat dibawa ke Pulau Pamantauang, Pangkep.

"Bawa ke pulau dulu apakah warga di sana mengenal kedua jenazah, tapi sampai pukul 20.00 tadi malam tidak ada yang mengenal maka kami bawa ke Makassar," kata Rizal.

Sejauh ini tiga korban kecelakaan KM Ladang Pertiwi 2 ditemukan meninggal. Sehingga tersisa 16 korban lagi dari perkiraan 50 penumpang.

KM Ladang Pertiwi 02 berlayar dari Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar pada Rabu (25/5/2022). Kapal hendak menuju ke beberapa pulau di Pangkep, seperti, Pulau Pemantauang, Masalima, Saliriang, dan Pamalikang. Namun kapal kecelakaan dan tenggelam dalam pelayarannya di Selat Makassar.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Ini Kesaksian Nakhoda KM Ladang Pertiwi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya