Nyalon DPD RI, Andi Baso Perjuangkan Domino jadi Cabor

Suarakan wacana ASN tidak memilih seperti TNI/Polri

Makassar, IDN Times - Ketua Perkumpulan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Provinsi Sulawesi Selatan Andi Baso Ryadi Mappasulle ingin memperjuangkan agar permainan domino diakui sebagai cabang olahraga. Dia mengutarakan itu usai mendaftarkan diri sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Jumat sore (12/5/2023).

Andi baso jadi bakal calon DPD ke-16 yang datang ke KPU Sulsel, jelang pendaftaran ditutup pada Minggu (14/5/2023). KPU Sulsel sudah menetapkan 19 bakal calon memenuhi syarat untuk mendaftar.

"Saya adalah ketua perkumpulan domino Indonesia Sulsel, saya akan berjuang menjadikan domino jadi cabang olahraga yang setara dengan cabor yang lain," kata Andi Baso.

Baca Juga: KPU Sulsel Telah Tetapkan 18 Bakal Calon Anggota DPD RI

1. Ingin domino diakui KONI, dianggap olahraga otak

Nyalon DPD RI, Andi Baso Perjuangkan Domino jadi CaborIlustrasi orang bermain domino - IDN Times/Doni Hermawan

Andi Baso mengatakan, dia bersama pengurus Pordi di seluruh Indonesia terus berjuang permainan domino diakui sebagai olahraga. Kini Pordi berupaya memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Alhamdulillah, persyaratan KONI itu ada empat event nasional yang akan dilaksanakan. Dan alhamdulillah, secara keseluruhan kita telah melakukan tiga event nasional. Secara kepengurusan harus 50 persen plus 1 secara nasional," kata Andi Baso.

Andi Baso mengatakan, saat ini Pordi sudah terbentuk di 18 provinsi. Dia berharap ke depan pengurus terus bertambah hingga ke seluruh provinsi.

"Kenapa Domino harus diperjuangkan? karena kita juga terkendala terkait kesan domino yang selalu diidentikan hal negatif, yaitu judi. Padahal domino ini olahraga otak yang berprestasi," sambungnya.

2. Wacanakan ASN tidak memilih di pemilu

Nyalon DPD RI, Andi Baso Perjuangkan Domino jadi CaborBakal calon DPD RI asal Sulsel, Ando Baso Ryadi Mappasulle. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Andi Baso menyatakan siap bertarung untuk menang maupun kalah. Jika terpilih kelak, dia ingin memperjuangkan wacana penghapusan hak memilih aparatur sipil negara (ASN). Menurutnya, sebagai aparat negara, ASN seharusnya netral seperti anggota TNI dan Polri.

"Setiap pilkada pasti ada (ASN) korban politik. Saya berpikir kenapa tidak disamakan saja (ASN) dengan TNI Polri. Akumulasi ASN di Indonesia tidak lebih dari enam juta orang, jadi tidak signifikan mengurangi suara pemilih," katanya.

"Daripada setiap masa Pemilu, ASN ini menjadi sapi perahan atau dipaksa menjadi munafik. Di depan bupatinya itu mengatakan mendukung, tetapi lain pihak ada sepupunya atau temannya yang dia harus ikuti," Andi Baso melanjutkan.

3. Calon DPD bertambah jadi 19

Nyalon DPD RI, Andi Baso Perjuangkan Domino jadi CaborPlan nama di kantor KPU Sulawesi Selatan (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dua hari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon DPRD Sulawesi Selatan dan DPD RI pada Minggu, 14 Mei 2023. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel mengungkapkan ada tambahan lagi satu calon untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya mengatakan, tambahan satu nama adalah A.M. Iqbal Parewangi. Sebelumnya KPU Sulsel menetapkan calon anggota DPD berjumlah 18 orang berdasarkan verifikasi terhadap syarat dukungan.

"Ada tambahan satu juga untuk DPD, pak Iqbal Parewangi pas keputusan verifikasi Bawaslu. Tapi SK-nya belum resmi kita terima, mudah-mudahan setelah ada SK kita terima baru bisa," ungkap Asram.

Saat ini, kata Asram, masih berlangsung pendaftaran ulang dan penyerahan dokumen secara fisik oleh Bacalon DPRD Sulsel dan DPD RI. Proses tersebut berlangsung dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2023.

"Jadi tanggal 1 sampai 13 itu kita layani dari pukul 8 pagi sampai 4 sore, dan tanggal 14 itu kita layani dari pukul 8 pagi sampai 24.00 Wita. Saya kira waktu itu sudah cukup bagi kami untuk bekerja," kata Asram.

Baca Juga: Bakal Calon DPD RI asal Sulsel Bertambah Jadi 19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya