Maba Unhas Meninggal saat Mengikuti PKKMB

SST pingsan di tengah kegiatan penyambutan maba

Makassar, IDN Times - Seorang mahasiswi baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin meninggal saat mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Rabu pagi (16/8/2023). Sebelumnya mahasiswi berinisial SST itu pingsan di tengah kegiatan.

Kabar meninggalnya maba itu dibenarkan Humas Unhas Ahmad Bahar. Unhas tengah menggelar PKKMB di kampus Tamalanrea sejak Senin (14/8/2023).

"Memang benar ada Maba meninggal, dan penyebabnya kita tidak tahu," kata kata Ahmad saat dikonfirmasi wartawan, Rabu malam.

Baca Juga: Rektor Sambut Ribuan Mahasiswa Baru Unhas

1. Tiba-tiba tak sadarkan diri usai kembali dari toilet

Maba Unhas Meninggal saat Mengikuti PKKMBIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Ahmad mengatakan, SST terjatuh di ruangan kegiatan PKKMB usai kembali dari toilet. Kejadiannya sekitar pukul 7.40 Wita. Tim medis sempat memeriksa kondisinya, namun tidak ada respons sehingga SST dilarikan ke rumah sakit.

"Yang bersangkutan memang sedang ikut kegiatan kampus tapi saat itu dia pingsan, dan pihak panitia langsung membawanya ke rumah sakit. Tapi saat di rumah sakit itu dia meninggal," Ahmad menjelaskan.

2. SST dinyatakan meninggal di rumah sakit

Maba Unhas Meninggal saat Mengikuti PKKMBunhas.ac.id

Ahmad mengatakan, SST dibawa ke RS dr. Wahidin Sudirohusodo. Dia dinyatakan meninggal sekitar pukul 9.08 Wita. Jasadnya dibawa pulang oleh keluarga ke rumah duka pada siang hari lalu dikebumikan di hari yang sama.

“Hasil diagnosis, dia mengalami penurunan kesadaran karena syok kardiogenik,” ujar Ahmad.

Ditanyai soal kemungkinan SST kelelahan mengikuti kegiatan kampus, Ahmad Bahar enggan menyimpulkan. "Saya tidak tahu soal itu, kan keluarga langsung ambil," katanya.

3. Pihak keluarga menolak autopsi

Maba Unhas Meninggal saat Mengikuti PKKMB(Ilustrasi rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Ahmad mengatakan, pihak kampus sudah mengupayakan autopsi terhadap jasad SST. Itu sebagai bahan evaluasi dan mencari tahu penyebab kematian. Namun keluarga SST menolak

"Tidak ada proses karena pihak keluarganya kan tidak mau diautopsi dan mengaku menerima dengan ikhlas," katanya.

Baca Juga: Unhas Siasati Biaya Kuliah Mahal, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya