Kartu ATM IRT di Makassar Hilang, Uang dalam Rekening Raib

Pelaku intai korban saat mengambil uang di ATM

Makassar, IDN Times - Rizky (23), pemuda asal Jalan Hati Mulia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dibekuk polisi usai diduga mencuri uang milik seorang ibu rumah tangga (IRT).

Kata Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando Karua Sambongali, pelaku ditangkap berdasar Laporan Polisi (LP) nomor LP/B/156/VII/2022/SPKT/Sek Mariso Polrestabes Makassar.

"Yang bersangkutan diamankan anggota di rumahnya, tidak ada perlawanan waktu anggota amankan pelaku," kata AKP Lando kepada IDN Times, Senin (18/7/2022).

1. Kartu ATM korban hilang

Kartu ATM IRT di Makassar Hilang, Uang dalam Rekening RaibIlustrasi ATM Centre (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari keterangan korban, Suhartini (35), kasus itu berawal saat dia menarik uang di mesin ATM BRI di gerai Alfamidi Jalan Nuri, Makassar, Minggu (17/7/2022), kartu ATM korban pun ketinggalan.

Selang beberapa jam, korban mengingat dan kembali ke tempat kejadian, namun kartu ATM telah hilang. Pihak gerai minimarket juga tidak tahu soal kasus itu.

"Korban lapor ke polsek, penyidik kemudian melakukan pendalaman. Jadi korban juga mengecek ke bank dan benar kartu (ATM) sudah dipakai orang lain," ujar Lando.

2. Mencuri dari ATM korban

Kartu ATM IRT di Makassar Hilang, Uang dalam Rekening RaibTerduga pelaku pencurian, Rizky (33) saat diamankan di Polsek Mariso, Makassar. (Dok.Polisi)

Atas kasus tersebut, lanjut Lando, korban mengalami kerugian Rp8 juta rupiah. Uang tersebut diketahui dicuri Rizky yang melakukan transaksi lewat mesin ATM.

"Hasil interogasi sementara, pelaku ambil uang korban lewat kartu ATM itu, diduga pelaku tahu kata sandi (pasword) karena mengintip korban saat transaksi," jelasnya.

Baca Juga: Tiga Pencuri 130 Ponsel di Gorontalo Ditangkap di Makassar

3. Uang korban raib

Kartu ATM IRT di Makassar Hilang, Uang dalam Rekening RaibIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Selain mengamankan terduga pelaku, tim Opsnal Polsek Mariso yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Afhi Abrianto juga amankan barang bukti ATM dan pakaian pelaku.

Sementara itu, uang Rp8 juta rupiah yang dicuri dari ATM korban sudah raib dipakai pelaku, diduga untuk belanja kebutuhan.

"Saya tidak bisa jelaskan lebih detail soal apa-apa yang dibeli pelaku dari uang hasil curian itu, belum detail dalam BAP (berita acara pemeriksaan)," tambah Lando.

Baca Juga: Polisi Selidiki Perusakan Bilik ATM di Pantai Losari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya