IRT di Makassar Ngaku Calo Penerimaan Akpol, Tilep Uang Rp1 Miliar

Jadi calo Akpol, Farida tilep uang korban Rp1 miliar lebih

Makassar, IDN Times - Tim Resmob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menangkap seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kota Makassar, usai menipu warga di Papua dengan modus jadi calo Akademi Kepolisian (Akpol).

Pelaku bernama Farida Candra Sari (63), warga asal Jalan Beruang, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. Farida ditangkap oleh Resmob Sulsel dan tim penyidik Ditreskrimum Polda Papua di rumahnya, pada Sabtu malam (3/9/2023).

"Ada LP (laporan polisi) dan ada surat DPO (daftar pencarian orang) 2020 dari penyidik Polda Papua terkait penipuan penggelapan," ungkap Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (4/9).

1. Pelaku kenal korban 2017 langsung nyamar jadi calo Akpol

IRT di Makassar Ngaku Calo Penerimaan Akpol, Tilep Uang Rp1 MiliarFarida, terduga calo Akpol yang tipu seorang warga Papua saat diamanka Resmob Polda Sulsel. (Istimewa)

Dharma Negara menerangkan, Farida melakukan tindak pidana penipuan pada tahun 2017. Saat itu pelaku diperkenalkan ke korban LT melalui seseorang yang kini menjadi saksi berinisial KPB.

"Jadi perkenalan antara pelaku dan korban oleh saksi agar mendaftarkan anak korban masuk dan diterima di akademi kepolisian (Akpol). Dan pelaku langsung memanfaatkan momen itu untuk minta uang," terang Dharma.

2. Jadi calo Akpol, Farida tilep uang korban Rp1 miliar lebih

IRT di Makassar Ngaku Calo Penerimaan Akpol, Tilep Uang Rp1 Miliarilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Lanjut Dharma, dalam kronologi laporan korban di Ditreskrimum Polda Papua pada tanggal 15 Juli 2019, diterangkan bahwa korban menyetor uang yang totalnya Rp1 miliar lebih. Namun uang tersebut disetor secara bertahap oleh korban LT.

"Korban sudah menyanggupi semua permintaan pelaku atau terlapor, tapi setelah itu tidak sesuai janjinya pelaku sampai anak korban itu gugur sat tes. Akibatnya korban lalu melaporkan kasus ini ke Polda Papua," jelas Dharma.

Dari hasil interogasi, pelaku mengakui melakukan penipuan dengan modus menjanjikan untuk anak korban lulus sebagai anggota polri (Akpol) di daerah Papua. Kini pelaku telah dibawa penyidik ke Polda Papua.

Baca Juga: Resmob Polda Sulsel Tangkap 3 Debt Collector Perampas Mobil Petani

3. Uang korban sudah habis

IRT di Makassar Ngaku Calo Penerimaan Akpol, Tilep Uang Rp1 MiliarBarang bukti yang diamankan dari terduga calo Akpol di Makassar. (Istimewa)

Dharma menambahkan, saat penangkapan pihak kepolisian tidak menemukan barang bukti berupa uang yang telah diambil pelaku. Diduga pelaku sudah menggunakan uang itu untuk kebutuhan pribadinya.

"Yang kita amankan kemarin hanya dua unit ponsel, lima buku tabungan dari berbagai bank dan tujuh unit kartu ATM berbagai bank. Sedangkan uang (korban) tidak ada, diduga sudah habis karena kan dari 2017," tambah Dharma.

Baca Juga: Resmob Polda Sulsel Tangkap Pengacara di Makassar Terkait Penipuan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya