HIPMI Sulsel Cari 10 Mahasiswa untuk Diberi Gerobak Usaha

Mahasiswa didorong mahasiswa merintis usaha sejak dini

Makassar, IDN Times - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan memfasilitasi pemuda atau mahasiswa yang berani merintis usaha. Ada sepuluh gerobak usaha yang akan dibagikan gratis.

Ketua Bidang 9 HIPMI Sulsel, Yuspratman Yunus mengatakan, gerobak usaha itu akan dibagikan pada peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023.

"Jadi nanti kita berikan kepada 10 pemuda ini gerobak usaha, apakah usaha minuman seperti kopi atau makanan di kampusnya," kata Yuspratman saat acara HIPMI Talk di Warkop Gaul Makassar, Selasa malam (10/10/2023). Acrara itu dihadiri puluhan mahasiswa kader HIPMI lintas kampus di Makassar.

Baca Juga: Polemik Rektor UMI Makassar: Basri Modding Mengaku Dikudeta

1. HIPMI Sulsel menunggu proposal dari mahasiswa

HIPMI Sulsel Cari 10 Mahasiswa untuk Diberi Gerobak UsahaHIPMI Sulsel Cari 10 Mahasiswa untuk Diberi Gerobak Usaha. (IDN Times/Dahrul Amri)

Yuspratman mengatakan, gerobak usaha itu akan diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi mana saja yang berminat. Dengan syarat, harus mengajukan proposal usaha yang menarik dan inovatif.

Dia menyebut gerobak itu diutamakan bagi kader HIPMI yang berstatus mahasiswa. "Memang kami ada lembaga otonom di beberapa universitas, namanya itu HIPMI perguruan tinggi. Jadi kami orong kader kami ini bisa berwirausaha sejak masih di bangku perkuliahan," kata Yuspratman.

2. Mahasiswa diajak mengubah pola pikir

HIPMI Sulsel Cari 10 Mahasiswa untuk Diberi Gerobak Usahailustrasi wirausaha (freepik.com/pikisuperstar)

Yuspratman menerangkan, HIPMI mendorong kader dari tingkat mahasiswa untuk merintis usaha sejak dini. Pihaknya ingin mengubah pola pikir anak muda agar mau dan berani jadi wirausaha.

"Saya salah satu contoh, saya mulai dari kader Hipmi perguruan tinggi. Saya diberi bantuan dari proposal dan hingga kini saya sudah jadi ketua bidang di pengurus HIPMI di periode ini," jelas Yuspratman.

3. Banyak yang ingin merintis usaha terkendala wadah

HIPMI Sulsel Cari 10 Mahasiswa untuk Diberi Gerobak UsahaIlustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Yuspratman menilai, kendala pemuda di Indonesia khususnya Sulsel untuk memulai berwirausaha karena tidak ada wadah atau tempat yang mendorong kewirausahaan. Di sana HIPMI hadir mengambil peran.

HIPMI, kata dia, juga rutin memberikan motivasi dan bimbingan bagi anak muda yang ingin berwirausaha. "Kami juga punya mentor di tiap bulannya, tapi pasti ada hukum alam, dari 100 jadi 50 (kader) bisa terjadi. Tentunya Hipmi Sulsel sudah berusaha," lata Yuspratman.

Baca Juga: Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih Canggih

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya