Ganjar dan Gibran ke Makassar, Bawaslu Ingatkan Jangan Kampanye

Masa kampanye baru akan dimulai pada 28 November 2023

Makassar, IDN Times - Calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka diagendakan berkunjung ke Makassar akhir pekan ini. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan panitia yang menghadirkan mereka agar tidak melanggar aturan Pemilu, terutama soal larangan kampanye sebelum masanya.

Ganjar Pranowo diagendakan hadir pada agenda jalan santai di Makassar pada Minggu pagi (26/11/2023). Sedangkan Gibran diundang pada acara serupa dengan penyelenggara berbeda, satu hari sebelumnya.

"Terkait kegiatan yang digelar di Makassar, kita sudah mengirimkan imbauan kepada para panitia kegiatan agar bersama-sama menjunjung (aturan) dan menjaga Makassar tidak ada pelanggaran Pemilu yang terjadi," ujar Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Dijadwalkan Hadiri Jalan Sehat di Makassar

1. Bawaslu berharap tidak ada kampanye selama kegiatan

Ganjar dan Gibran ke Makassar, Bawaslu Ingatkan Jangan KampanyeIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Dede berharap panitia penyelenggara dua kegiatan tidak melakukan kampanye dan menghindari melibatkan unsur pemerintah. Hal ini untuk menciptakan suasana yang tenang dan damai menjelang Pemilu 2024. Diketahui masa kampanye baru dimulai pada 28 November 2023.

"Selain kita sudah kirimkan surat itu, kita juga harap agar supaya semua pihak untuk tidak melakukan kampanye sebelum batas waktu yang di tentukan (28 november), dan tidak melibatkan pihak-pihak yang dilarang dalam kegiatan itu," kata Dede.

2. Petugas ad hoc dikerahkan mengawasi kegiatan

Ganjar dan Gibran ke Makassar, Bawaslu Ingatkan Jangan KampanyeLogo Bawaslu (bawaslu.go.id)

Dede menyatakan pihaknya akan mengerahkan petugasnya untuk mengawasi agenda Ganjar Pranowo dan Gibran Rakabuming Raka selama di Makassar. Bawaslu Makassar melibatkan petugas ad hoc yang terdiri untuk turut terlibat.

"Kita juga akan mengerahkan Panwaslu Kecamatan untuk melakukan pengawasan di pelalsanaan acara tersebut. Saya harap mudah-mudahan para panitia senantiasa menaati aturan yang berlaku," Dede menerangkan.

3. Ganjar dan Gibran hadiri jalan sehat

Ganjar dan Gibran ke Makassar, Bawaslu Ingatkan Jangan Kampanye

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dijadwalkan berkunjung di Makassar pada Minggu 26 November 2023. Dia akan hadir pada kegiatan jalan santai bertajuk 'Jalan Sehat Perjuangan' di kawasan car free day Jalan Sudirman Makassar.

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud Md Sulawesi Selatan (Sulsel), Udin Saputra Malik, mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut akan hadir. Mereka akan menyapa warga Kota Makassar.

"Jalan sehat ini dilaksanakan pada hari Minggu 26 November jam 5.30 WITA di sepanjang CFD Sudirman. Insyaallah Pak Ganjar dan Pak Mahfud diagendakan hadir," kata Udin di Makassar, Rabu (22/11/2023).

Calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka, dijadwalkan hadir dalam jalan sehat yang digelar di Kota Makassar, pada Sabtu 25 November 2023. Jalan sehat bertajuk 'Jalan Sehat Satu Putaran 2 KM' itu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Andi Irwan Patawari selaku ketua panitia mengatakan jalan sehat itu sebagai ajang silaturahmi Gibran dengan warga Sulawesi Selatan. Persiapannya kini sudah mencapai 80 persen.

"Mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar dan cukup meriah," kata Andi Irwan di Makassar, Rabu.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Dijadwalkan Hadiri Jalan Sehat di Makassar Minggu Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya