Empat Lapak Usaha di Makassar Hangus Terbakar

Pemilik kafe merugi hingga ratusan juta

Makassar, IDN Times - Empat lapak usaha di Jalan RSI Faisal 4, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, terbakar, Senin dini hari (11/9/2023). Kebakaran sekitar pukul 2.00 Wita itu menghanguskan tiga kafe dan satu penatu.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota makassar mengerahkan 16 unit armada untuk memadamkan api. Sedangkan penyebab kebakaran masih diselidiki.

"Kita tidak bisa pastikan penyebab kasus kebakaran. Kalau proses pemadaman tadi kita kirim 10 unit armada tambah satu rescue dari Mako, empat armada posko Timur dan satu unit Damtor Banta-bantaeng," kata Kepala Seksi Operasi Damkar Makassar, Andi Ikhsan saat dikonfirmasi, Senin siang.

Baca Juga: Gudang Pengolahan Limbah Milik Pemprov Sulsel Terbakar

1. Pemilik kafe tidak sempat menyelamatkan barang-barang

Empat Lapak Usaha di Makassar Hangus TerbakarGaris polisi di lokasi kebakaran 3 Cafe dan 1 rumah laundry di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pemilik salah satu kafe yang terbakar, Irfan (40) mengatakan, pada kejadian itu tidak ada satu pun barang yang bisa diselamatkan. Dia sendiri baru tiba di lokasi saat api sudah menghanguskan kafe.

"Ada memang karyawan saya di sini nginap tapi saat kejadian dia langsung lari keluar, jadi tidak sempat bawa itu barang. Waktu saya sampai di sini juga sudah rata," katanya di lokasi.

2. Api diduga bersumber dari usaha laundry

Empat Lapak Usaha di Makassar Hangus TerbakarIlustrasi Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Irfan mengatakan, pihaknya masih menunggu penyelidikan aparat soal penyebab kebakaran. Namun menurut keterangan saksi-saksi, dia menduga api berasal dari usaha penatu (laundry) . Letaknya di antara tiga kafe dalam satu deretan lapak usaha yang terbakar.

"Waktu kejadian saya memang tidak ada di lokasi, tapi memang api dari laundry terus menjalar ke (bangunan) yang lain. Saya ini ditelepon karyawan," Irfan menjelaskan.

"Karena waktu kebakaran ada juga itu dua karyawan laundry yang sempat terjebak di dalam situ tapi cepat keluar," dia melanjutkan.

3. Pemilik kafe merugi ratusan juta

Empat Lapak Usaha di Makassar Hangus TerbakarIrfan (40), salah satu pengusaha yang Cafenya terbakar di Jalan Faisal, Kota Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Irfan mengaku merintis usaha kafenya sejak tahun 2022. Akibat kebakaran itu, dia mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Jumlah itu belum termasuk kerugian usaha lain yang terbakar.

"Kalau ditanya kerugian pasti ada, sekitar Rp170 juta karena isinya semua habis. Saya mulai kafe sudah 11 bulan dan kita harus pikir modal lagi, jadi mulai lagi dari nol," kata Irfan.

Baca Juga: Waspada! Kacamata Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Musim Kemarau

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya