Waspada! Kacamata Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Musim Kemarau

Masa kedaruratan, Damkar siap suplai air untuk MCK

Makassar, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar mengimbau masyarakat mewaspadai kebakaran di musim kemarau. Ada banyak yang bisa memicu kebakaran, termasuk kacamata yang memantulkan sinar matahari.

"Kekeringan ini banyak potensi terjadi kasus-kasus kebakaran karena semua jadi kering, pemicu bisa dari puntung rokok, kaca atau kacamata yang berada di tumpukan sampah (kering) lalu terkena sinar matahari," kata Kepala Dinas Damkar Makassar Hasanuddin kepada wartawan, pada Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: BMKG Makassar Prakirakan Musim Hujan di Sulsel Tahun Ini Terlambat

1. Sepekan terakhir ada 20 laporan kebakaran dipicu

Waspada! Kacamata Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Musim KemarauKepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin saat diwawancarai di lokasi kebakaran di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Hasanuddin mengatakan, dalam sepekan terakhir pihaknya menerima 20 laporan kebakaran. Sebagian besar dipicu percikan api kecil, seperti tumpukan sampah atau ilalang kering. Damkar Makassar, kata dia, selalu memantau dan bergerak cepat menangani setiap laporan.

"Memang dalam satu pekan terakhir ini ada kurang lebih 20 kasus kebakaran alang-alang karena kering dan gampang terbakar, apapun potensinya termasuk percikan api kecil yang bisa cepat terbakar," kata Hasanuddin.

2. Masa kedaruratan, Damkar siap suplai air untuk MCK

Waspada! Kacamata Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Musim KemarauUnit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) berjejer di halaman Mako Dinas Damkar Makassar, Kamis (13/10/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah mengeluarkan surat kedaruratan di bawah koordinasi BPBD Makassar dalam mengantisipasi El Nino dan dampak kekeringan. Selama kemarau dan masa kedaruratan ini, kata Hasanuddin, Damkar Makassar diberi tanggung jawab untuk mensuplai air khusus Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Sementara suplai air minum ditangani pihak PDAM.

"Karena sudah dibentuk oleh BPBD terkait tim penanganan kekeringan ini, Damkar itu khusus air bersih untuk MCK-nya dan kalau air minum dari PDAM. Jadi yang kita siapkan untuk mobil ada 7 unit dengan kapasitasnya itu khusus 8000 liter," jelas Hasanuddin.

3. Kasus kebakaran di 2023 tertinggi dalam empat tahun terakhir

Waspada! Kacamata Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Musim KemarauDamkar Makassar berupaya memadamkan dalam kebakaran di Jalan Regge 2, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Makassar, Jumat (20/12) / Istimewa

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Damkar Makassar mencatat kasus kebakaran fluktuatif. Khusus di tahun 2023, hingga bulan Agustus sudah ada 168 kasus kebakaran, yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

"Itu belum di rekap pada bulan ini. Karena jika dibandingkan tahun 2020 itu 141 kasus, 2021 ada 138 kasus, dan 2022 ada 151 kasus kebakaran," ucap Hasanuddin.

Baca Juga: DLH Sebut Sebagian Besar Kendaraan di Makassar Lolos Uji Emisi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya