Diteriaki Begal, Anggota Babinsa di Makassar Dikeroyok

Kodam Hasanuddin kerahkan Denintel dan Pom cari provokator

Makassar, IDN Times - Seorang petugas Babinsa Koramil 1408-02/Tallo Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami pengeroyokan. Pria S berpangkat Serka itu dikeroyok warga di Jalan Inspeksi Kanal Pampang, Kecamatan Panakkukang, Minggu (29/5/2022) pagi.

Informasi itu dibenarkan Kepala Penerangan (Kapen) Kodam XIV Hasanuddin, Kolonel Rio Purwantoro melalui keterangan tertulis kepada IDN Times Sulsel, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: 10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke Makassar

1. Kronologis pengeroyokan Babinsa

Diteriaki Begal, Anggota Babinsa di Makassar DikeroyokKepala Penerangan (Kapen) Kodam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Rio Purwantoro. Istimewa

Kolonel Rio menjelaskan, Serka R mengalami pengeroyokan saat berkeliling di Jalan Pampang, sekitar pukul 12 malam. Dia bermaksud memastikan wilayahnya aman. Namun saat itu dia tiba-tiba diserempet pengendara motor. 

"Diserempet pengendara motor tidak dikenal sehingga terjadi bersinggungan ribut mulut," ujar Kolonel Rio.

Pengendara yang menyerempet motor R disebut memprovokasi warga setempat. Dia meneriaki R sebagai begal.

"Spontanitas warga di sekitar kurang lebih sepuluh orang itu tersulut dan melakukan pengeroyokan korban Serka R," kata Kolonel Rio.

Akibat pengeroyokan itu, R mengalami luka di sekujur tubuhnya. Warga yang melintas di lokasi tersebut pun membawa korban ke rumah sakit untuk pertolongan medis.

2. Kodam kerahkan Denintel dan Pom

Diteriaki Begal, Anggota Babinsa di Makassar DikeroyokIlustrasi prajurit TNI. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Kolonel Rio menyebutkan, kasus tersebut sementara diselidiki oleh Deninteldam, Pomdam XIV Hasanuddin dan penyidik Polrestabes Makassar. Tim gabungan mencari siapa otak pelaku yang memprovokasi pengeroyokan.

"Motif apa sampai menuduh Serka R ini sebagai begal sementara anggota kami ini sedang monitoring wilayahnya, untuk itu masih dalam pengembangan terkait saksi mata saat kejadian di lokasi," kata Kolonel Rio.

"Kasus ini sudah dalam pengusutan oleh Deninteldam, Pomdam XIV/Hasanuddin dan Polrestabes Makassar guna mencari siapa otak pelaku yang provokasi, serta pelaku pengeroyokan," dia melanjutkan.

3. Ciri-ciri pelaku diidentifikasi

Diteriaki Begal, Anggota Babinsa di Makassar DikeroyokIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihak Kodam XIV Hasanuddin sudah mengidentifikasi ciri dan identitas pelaku pengeroyokan Babinsa Serka R. Pelaku diimbau segera menyerahkan diri.

"Karena permasalahan ini akan diusut sampai tuntas," kata Kolonel Rio.

4. Polisi juga kejar pelaku

Diteriaki Begal, Anggota Babinsa di Makassar DikeroyokIlustrasi. Kasi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando dalam ekspos kasus di kantornya, Polrestabes Makassar/Polrestabes Makassar

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Humas Polrestabes, AKP Lando membenarkan kejadian pengeroyokan. Kasus ini sudah masuk di Polsek Panakukang dan dikoordinasi dengan Satreskrim Polrestabes.

"(Korban) melapor di Polsek Panakkukang. Saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan dan mengungkap pelakunya. Jadi intinya kasus ini sedang ditindaklanjuti," kata Lando.

Baca Juga: Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu Perbaikan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya