Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu Perbaikan

Pemprov Sulsel belum menganggarkan perbaikan tahun ini

Makassar, IDN Times - Jalan Antang Raya di Kecamatan Manggala, Kota Makassar,  Sulawesi Selatan, rusak parah. Jalan itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.

Di beberapa titik, tampak jalan berlubang, aspal terkelupas hingga jalan bergelombang. Saat hujan, terjadi genangan yang membuat lalu lintas terhambat karena pengendara menghindari lubang.

Fahrullah, 28 tahun, warga Manggala yang sehari-hari melintas di Jalan Antang Raya, mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah. Menurutnya, kondisi itu sangat mengganggu pengendara, bahkan membahayakan.

"Semoga jalan secepatnya diperbaiki, karena kalau dibiarkan bisa menimbulkan kecelakaan. Apalagi kalau hujan, lubangnya tidak kelihatan," kata Fahrullah kepada IDN Times Sulsel, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: 82 Pelamar Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Lulus Seleksi Berkas

1. Pernah ditimbun namun terbuka kembali

Pemprov Sulsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) sebenarnya sudah pernah menambal bagian jalan berlubang, meski tidak ada pengaspalan. Namun upaya itu tidak menuai hasil. Setelah ditambal, jalanan itu kembali berlubang.

Kepala Sub Bagian Program Dinas PUTR Sulsel, Irawan, mengatakan penanganan untuk Jalan Antang Raya memang masih berupa pemeliharaan rutin. Pemprov belum mengalokasikan anggaran untuk pengerjaannya.

"Pernah dikerjakan tapi terbuka kembali karena genangan. Minggu lalu dipasangi paving block di beberapa lubang tapi memang tidak menyelesaikan masalah secara utuh karena genangannya yang mau dituntaskan dulu," kata Irawan saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Jumat.

2. Perbaikan jalan belum dianggarkan tahun ini

Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu PerbaikanLubang di tengah jalan di Jalan Antang Raya, Manggala, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Pemprov Sulsel perbaikan Jalan Antang Raya secara menyeluruh tahun ini. Irawan mengatakan, setidaknya ada pengerjaan berupaya pemeliharan rutin, misalnya penimbunan jalanan yang lubang.

Dia mengatakan perbaikan Jalan Antang Raya tak bisa serta Merta dilaksanakan. Hal itu membutuhkan proses mulai dari penganggaran, lelang hingga pengerjaan fisik.

"Kalau untuk penanganan berat itu tidak ada tahun ini. Kalau rencana (pengaspalan) ada tahun depan. Kami membahas 2023 tapi kan belum final, masih banyak tahapan," kata Irawan.

3. Pemprov prioritaskan Jalan Tun Abdul Razak

Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu PerbaikanIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Beberapa waktu lalu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pernah berjanji menuntaskan perbaikan infrastruktur jalan, termasuk Jalan Antang Raya. Namun untuk tahun ini, Pemprov Sulsel lebih memprioritaskan Jalan Tun Abdul Razak di perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

Kondisi Jalan Tun Abdul Razak tak kalah memprihatinkan dari Jalan Antang Raya. Ruas jalan tersebut telah rusak parah dan rentan tergenang air sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

"Kita atur. Tahun ini Hertasning. Tahun lalu saya dikejar Hertasning, sekarang pindah lagi ke Antang. Kita akan kerjakan semuanya secara berurut. Kita sudah punya program di dalam," katanya.

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar yang Bolos Kerja 6 Bulan Masih Diperiksa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya