10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke Makassar

Juragan dan pemilik kapal turut ditemukan selamat

Makassar, IDN Times - Pencarian korban kecelakaan Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 2 yang karam di perairan Selat Makassar memasuki hari ketiga. Teranyar, ada sepuluh korban lain yang berhasil dievakuasi.

"Dari 42 penumpang, sudah 31 korban selamat, termasuk pagi tadi ada 10 orang," kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, Senin pagi (30/6/2022).

Baca Juga: KM Ladang Pertiwi Tenggelam, Helikopter TNI AU Bantu Pencarian Korban

1. Korban ditemukan oleh nelayan

10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke MakassarIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Djunaidi menjelaskan, 10 orang selamat yang baru dikonfirmasi pada Senin pagi. Para korban selamat dievakuasi oleh nelayan sekitar pukul 04.00 Wita.

"Sepuluh korban ini sudah dipastikan oleh KN SAR Kamajaya (Basarnas) pukul 09.45 Wita dan berhasil dievakuasi ke pulau Pamantauang (Pangkep)," ujarnya.

Dari 10 orang yang dievakuasi ke Pulau Pamantauang, sembilan di antaranya laki-laki dan satu lainnya perempuan. Di antara mereka terdapat juragan dan pemilik KM Ladang Pertiwi 2, Supriadi (40) dan Hilal (41).

2. Basarnas bawa juragan dan pemilik kapal

10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke MakassarKepala Basarnas Sulsel Djunaidi. Dok. Basarnas Sulsel

Djunaidi mengungkapkan, saat ini KN SAR Kamajaya sedang menuju ke Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Di antara mereka terdapat juragan dan pemilik KM Ladang Pertiwi 2 yang ditemukan selamat.

"Nanti rencana sandar pukul 21.00 wita," kata Djunaidi.

3. Kapal Isi bahan bakar dan lanjut pencarian

10 Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Dibawa ke MakassarPersonel Basarnas Sulsel di atas KN Kamajaya dalam persiapan pemberangkatan bantu pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang/Basarnas Sulsel

Djunaidi juga menambahkan, kembalinya KN SAR Kamanaya ke Pelabuhan Soekarno - Hatta selain membawa para korban KM Ladang Pertiwi, juga mengisi bahan bakar. "Dan juga logistik untuk melanjutan pencarian," dia menambahkan.

KM Ladang Pertiwi 02 berlayar dari Pelabuhan Paotere Makassar hendak menuju ke beberapa pulau di Pangkep, yaitu Pulau Pamantauang, Masalima, Salirian, dan Pamalikan. Tapi kapal mengalami kecelakaan pada Kamis (226/5/2022) dan baru diketahui informasinya satu hari berselang.

Baca Juga: Bawa 43 Penumpang, KM Ladang Pertiwi Karam di Selat Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya