Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD Sulsel

Kader PDIP diperintahkan all out di Pemilu 2024

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan mengajukan daftar bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi, Kamis (11/5/2023). Sebanyak 85 caleg bertarung untuk kursi DPRD Provinsi di Pemilu 2024.

Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, yang memimpin rombongan partainya ke Kantor KPU Sulsel mengatakan, daftar bacaleg yang diajukan tinggal menunggu verifikasi. Dia memastikan daftar bacaleg PDIP Sulsel memperhatikan keterwakilan perempuan serta keterlibatan anak muda.

"Jumlah caleg 85 orang, perempuan itu 32 orang atau 37 persen. Caleg milenial 33 orang atau 38,9 persen," kata Andi Ridwan Wittiri di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Kamis.

Baca Juga: PPP Daftarkan 85 Bacaleg di KPU Sulsel untuk Pemilu 2024

1. PDIP target penambahan kursi dua kali lipat

Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD SulselIlustrasi rapat paripurna DPRD Sulsel. Humas Pemprov Sulsel

Wittiri menyampaikan bahwa partainya menargetkan penambahan kursi dua kali lipat di DPRD Sulsel. Pada Pemilu 2019, mereka meraih tujuh kursi. "DPRD Provinsi kita target 15 (kursi). Semua dapil adalah basis kami," ucapnya.

Wittiri mengatakan, sesuai instruksi partai, kader diperintahkan mengerahkan segala sumber daya dan kemampuan agar bisa mencapai target. Kader wajib menjalankan perintah partai.

"Kalau salah, kami sudah siap dihukum partai. Tapi kami tidak pernah dihukum karena (selalu) taat dan tertib," kata Wittiri.

2. Siap sistem proporsional tertutup atau terbuka

Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD SulselIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Jelang Pemilu 2024, wacana perubahan sistem pemilihan jadi proporsional tertutup terus mengemuka. Wittiri menyatakan PDIP siap dengan penerapan sistem tersebut maupun proporsional terbuka yang saat ini digunakan.

Wittiri juga menyebut daftar bakal caleg yang diajukan PDIP Sulsel masih bisa berubah sebelum ada daftar caleg tetap (DCT).

"Terbuka kami siap, tertutup kami siap. Kami menerima, mau terbuka atau mau tertutup sama saja. Kalau tertutup, kata sekretaris saya, (bisa dapat) 18 kursi (DPRD Provinsi), ucap Wittir.

3. PDIP Sulsel wajib menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD SulselGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri rapat konsolidasi internal di kantor DPD PDIP Sulsel, Jumat (28/4/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Andi Ridwan Wittiri juga menyinggung soal pemilihan presiden. Dia mengatakan bahwa perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah jelas, yaitu agar kader memenangkan calon presiden usungan partai, Ganjar Pranowo.

"Tidak ada kata lain, kita harus menangkan. kalau ada kader menyatakan tidak bisa menangkan, itu bukan kader PDIP. Itu susupan," kata Wittiri.

"Kami kader PDIP harga mati, pak Ganjar harus menang," dia menambahkan.

Baca Juga: Konsolidasi PDIP Sulsel, Ganjar Pranowo: Kita Harus Menang Hattrick

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya