PPP Daftarkan 85 Bacaleg di KPU Sulsel untuk Pemilu 2024

Imam Fauzan sebut ada banyak kader PPP naik kelas

Makassar, IDN Times - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan mendaftarkan daftar bakal calon legislatif ke Kantor KPU Sulsel di Makassar, Rabu (10/5/2023). Mereka mendaftarkan 85 caleg untuk DPRD Provinsi.

Berkas atau dokumen pendaftaran diantarkan rombongan dipimpin Ketua DPW PPP Sulsel Imam Fauzan Amir Uskara. Rombongan PPP diterima ketua KPU Sulsel, Faisal Amir dan sejumlah komisioner.

"Jadi hari ini total kami dari partai persatuan pembangunan insya allah kirimkan 85 bakal caleg untuk pemilihan tahun 2024," kata Imam Fauzan kepada wartawan di kantor KPU Sulsel, Rabu.

Baca Juga: DPW PKS Pendaftar Pertama Bacaleg di KPU Sulsel

1. Keterwakilan Bacaleg perempuan dari PPP capai 40 persen

PPP Daftarkan 85 Bacaleg di KPU Sulsel untuk Pemilu 2024Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan Amir Uskara (kiri) dan ketua KPU Sulsel, Faizal Amir (kanan). (Istimewa)

Dari 85 bakal Caleg untuk Pemilu 2024 itu, Imam Fauzan memastikan untuk keterisian kuota Bacaleg atau keterwakilan dari perempuan mencukupi kuota 30 persen. Dia bahkan menyebut kuota bacaleg perempuan nyaris menyentuh angka 40 persen.

"Rinciannya kami tidak menghitung, tapi intinya perkiraan kami ada di angka 35 persen sampai 40 persen adalah bakal caleg perempuan dari PPP. Artinya lebih dari total minimal," terang Imam Fauzan.

2. Imam Fauzan sebut ada banyak kader PPP naik kelas

PPP Daftarkan 85 Bacaleg di KPU Sulsel untuk Pemilu 2024Anggota DPRD Sulsel Imam Fauzan. (Dok. Istimewa)

Selain itu Imam juga mengatakan sejumlah kader PPP di daerah naik kelas. Mereka yang duduk di DPRD Kabupaten/Kota ada yang beralih sebagai bacaleg DPRD PRovinsi.

Dia mencontohkan Abdul Aziz Namu dari Makassar, kemudian ada ketua DPRD kabupaten Gowa Rafiuddin Raping, dan ketua DPRD Bantaeng Hamsyah, dan Ketua DPRD Kabupaten Luwu Rusli Sunali.

"Itu beberapa orang yang akan maju di DPRD Provinsi di tahun 2024. Kalau untuk (caleg) DPR RI pun kita sudah siap, tapi itu jadi kewenangan dari DPP," dia melanjutkan.

3. KPU akan memeriksa pendaftaran bacaleg berdasarkan Silon

PPP Daftarkan 85 Bacaleg di KPU Sulsel untuk Pemilu 2024Plan nama di kantor KPU Sulawesi Selatan (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sementara itu, ketua KPU sulsel Faisal Amir menjelaskan, partai politik berkesempatan mendaftarkan bacaleg ke KPU dari tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. Berkas lebih dulu diunduh di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU dan disetujui pengurus parpol tingkat pusat.

"Jadi partai politik itu datang mendaftar dan mengajukan calegnya ke sini, salah satu mekanisme yang harus dilalui kali ini yaitu dia harus menyelesaikan di Silon dan harus mendapatkan approve dari DPP," kata Faisal.

Baca Juga: Sandiaga Pastikan Pembicaraan Masuk PPP Matang, Ingin Berjalan Alami

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya