BMKG Makassar Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk 3-9 Januari 2023

Diperkirakan gelombang tinggi mencapai 4 meter

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk yang diprakirakan terjadi di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam sepekan ke depan.

Dalam keterangannya, Kepala BMKG Wilayah IV, Irwan Slamet menyebutkan cuaca buruk diramalkan terjadi pada tanggal 3 sampai 9 Januari 2023. Dan waktu yang diperkirakan pada dini hari hingga pagi hari.

"Hujan intensitas lebat itu terjadi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat, bagian tengah dan bagian selatan. Dan disertai angin kencang di bagian barat dan selatan," terang Irwan dalam rilis BMKG IV, Senin malam (2/1/2023).

Wilayah di Sulsel bagian barat, yakni Parepare, Pangkep, Barru, Maros, dan Makassar. Sulsel bagian tengah, yakni Bone bagian Barat, Soppeng dan Gowa. Lalu Sulsel bagian Selatan, yaitu Jeneponto dan Bantaeng.

1. Kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut masih berada di Australia

BMKG Makassar Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk 3-9 Januari 2023Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Menurut prakirawan BMKG IV Makassar, dalam beberapa hari ini umumnya cuaca cerah dan berawan. Meski demikian, kondisi atmosfer saat ini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di Sulsel.

"Karena ex-siklon tropis ellie terpantau masih berada di Australia bagian barat mampu meningkatkan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sepanjang daerah menuju pusat tekanan," ungkap Irwan dalam rilisnya.

"Terdapat juga pertemuan arus angin atau konvergensi di sekitar wilayah Sulsel hal itu yang menyebabkan pertumbuhan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan sehingga ada kelembaban udara yang tinggi," lanjutnya.

2. Diperkirakan gelombang tinggi mencapai 4 meter

BMKG Makassar Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk 3-9 Januari 2023Ilustrasi cuaca buruk di Kota Manado, Sulut. IDNTimes/Savi

Selain itu, prakirawan BMKG IV juga memprakirakan gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel dengan kategori gelombang sedang dengan ketinggian gelombang 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di beberapa wilayah perairan.

"Seperti perairan Parepare, spermonde Pangkep bagian barat, perairan spermonde Makassar, teluk Bone bagian utara dan selatan. Dan gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter terjadi di selat Makassar bagian selatan," jelas Irwan.

Selain Selat Makassar bagian selatan, gelombang tinggi juga akan terjadi di perairan Selayar bagian barat dan timur, perairan Sabalana, laut Flores bagian barat dan timur, perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa Utara dan Selatan.

Baca Juga: BMKG IV Sebut Cuaca Ekstrem Musim Hujan Mulai Melanda Wilayah Makassar

3. BMKG minta masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan

BMKG Makassar Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk 3-9 Januari 2023Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (8/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk itu, pihak BMKG Wilayah IV Makassar berharap agar pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat di daerah yang disebutkan di atas, agar meningkatkan kesiapsiagaan atas kemungkinan datangnya bencana.

"Karena potensi terjadi bencana hidrometeorologi itu bisa terjadi, dampaknya seperti banjir atau genangan, angin kencang, pohon tumbang dan keterlambatan penerbangan hingga adanya bencana longsor," tambah Irwan Slamet.

Baca Juga: BMKG: Hujan Deras pada Malam Tahun Baru di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya