BMKG: Angin Kencang di Makassar Tidak Datangkan Hujan

Awal musim hujan diperkirakan terjadi pertengahan November

Makassar, IDN Times - Angin kencang terjadi di Kota Makassar dan sekitarnya di Sulawesi Selatan belakangan ini. Fenomena itu terjadi di puncak musim kemarau.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Rizky Yudha mengatakan, angin kencang terjadi karena ada gradien tekanan angin di wilayah tersebut.

"Memang kemarin angin cukup kencang, bisa 19 knot. Sebenarnya di BMKG angin kencang di atas 25 knot tapi 19 itu sudah termasuk kencang," kata Rizky, Pelayanan Jasa BMKG IV, Rizky Yudha kepada IDN Times, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: 10 Oktober Suhu di Makassar Tembus 40 Derajat Celcius? Ini Kata BMKG

1. Angin kencang tidak membawa awan hujan di Makassar

BMKG: Angin Kencang di Makassar Tidak Datangkan HujanIlustrasi langit mendung (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Rizky menyatakan, tiupan angin kencang tersebut tidak mendatangkan awan hujan. Saat ini belum ada perubahan suhu lokal dari kemarau ke transisi musim hujan.

"Jadi angin kencang yang terjadi angin atau udara kering, itu arah anginnya dari arah barat daya. Karena memang saat ini juga terjadinya fenomena angin laut," Rizky Yudha menerangkan.

2. BMKG memprediksi musim hujan terjadi pertengahan November

BMKG: Angin Kencang di Makassar Tidak Datangkan HujanIDN Times/Ayu Afria

BMKG memperkirakan transisi musim terjadi pada November 2023, seiring masuknya musim hujan. Namun hujan akan turun lebih dulu di daerah tertentu.

"Kalau prediksi musim hujannya itu kita di BMKG memprediksi atau memperkirakan pada pertengan november. Walaupun ada hujan beberapa hari kemarin di wilayah pegunungan seperti di Malino, tapi hanya hari itu saja terjadi," Rizky menjelaskan.

3. BMKG sebut suhu panas Makassar 35 sampai 37 derajat

BMKG: Angin Kencang di Makassar Tidak Datangkan Hujanfoto ilustrasi (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sebelumnya, Rizky mengungkapkan prakiraan tim BMKG IV suhu panas di Makassar berkisar antara 35 sampai 37 derajat celsius pada awal Oktober 2023. BMKG membantah adanya informasi beredar bahwa cuaca bisa mencapai 40 derajat celsius.

"Sedangkan dari BMKG sendiri perkirakan suhu di Makassar antara 35 sampai ke 37 derajat celsius. Jadi sampai suhu 40 itu kita perkirakan masih sulit. Karena secara historis suhu di Makassar belum pernah itu sampai 40," beber Rizky, Kamis (5/10).

Rizky menyebut suhu panas yang terjadi di Makassar saat ini termasuk kategori ekstrem. Namun suhu diperkirakan akan mulai menurun sebelum masuk November.

Baca Juga: Dua Polisi di Makassar Diduga Terkait Jaringan Fredy Pratama

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya