Aksi Damkar Makassar Selamatkan Kucing Terjebak di Drainase

Butuh sepuluh menit mengevakuasi kucing dari bawah tanah

Makassar, IDN Times - Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar mengevakuasi seekor kucing liar yang terjebak di dalam drainase Jalan AP Pettarani, Kamis malam (24/8/2023). Kucing itu terjebak beberapa meter dalam saluran air bawah tanah.

Tim Rescue Damkar Makassar menurunkan Regu 6 dengan lima personel beralat lengkap. Petugas Damkar segera datang ke lokasi usai menerima laporan warga, sekitar pukul 20.45 Wita.

"Jadi tadi malam ada warga Somba Opu (Kabupaten) Gowa melintas di lokasi dan melihat itu, laporan masuk 20.20 Wita," terang Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Damkar Makassar, Safari Abustam saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Jumat (25/8/2023).

Proses penyelamatan berlangsung kurang lebih 10 menit. Petugas bisa meyelamatkan kucing ke permukaan pada pukul 20.55 Wita.

Baca Juga: Pelajar di Makassar Minta Tolong Damkar Lepaskan Cincin di Jarinya

1. Aksi penyelamatan kucing disambut sukacita warganet

Video penyelamatan kucing liar dari drainase beredar di media sosial. Pada video yang diunggah akun Instagram @daenginfo, terlihat petugas menjerat kucing yang berada di saluran bawah tanah dengan seutas tali. Tali yang terlilit di leher kucing pun akhirnya bisa membuatnya diangkat ke atas permukaan.

Aksi penyelamatan disaksikan sejumlah orang yang melintas. Tampak kucing putih diangkat dengan kondisi badan basah. Menurut narasi yang beredar, kucing itu susah terjebak selama satu hari. Video penyelamatan disambut sukacita warganet.

"Respect! Kayak di luar negeri, kalau yg bukan cat lovers pasti mikirnya buang2 waktu. Good job ki damkar makassar!," tulis akun @pulangdekat_.

"Sekali lagi DAMKAR selalu siap sedia tanpa memandang kasus receh atau besar," balas akun @andhikagputra.

2. Ada 313 aksi penyelamatan oleh tim Rescue Damkar Makassar selama 2023

Aksi Damkar Makassar Selamatkan Kucing Terjebak di DrainaseTim Rescue Damkar Makassar saat evakuasi korban terkena pohon tumbang. (Istimewa)

Sepanjang tahun 2023 tim Rescue Damkar Makassar mencatat ada 313 aksi penyelamatan yang dilakukan. Baik itu penyelamatan terhadap orang, benda seperti pemotongan cincin atau kunci motor, maupun evakuasi hewan.

"Data itu tercatat sejak Januari hingga Juli. Kalau Agustus ini belum kita rekap, mungkin di akhir bulan nanti baru direkap itu datanya," ucap Safari.

3. Penyelamatan hewan paling terbanyak, 196 kasus

Aksi Damkar Makassar Selamatkan Kucing Terjebak di DrainasePetugas Damkar Makassar mengevakuasi ular sanca sepanjang 4 meter/Damkar Makassar

Safari Abustam menjelaskan, dari semua aksi penyelamatan, kategori animal rescue atau penyelamatan hewan paling banyak. Damkar Makassar mencatat setidaknya ada penyelamatan 196 hewan.

"Dari data ular 66, biawak 19, sarang lebah 14, sarang tawon ini lebih banyak ada 76, dan kucing ada 21. Tentunya tim kami bergerak setelah ada laporan warga yang masuk ke kami," Safari menjelaskan.

Sementara Water Rescue atau penyelamatan air ada sebelas kasus. Kakni kasus tenggelam 4 kasus dan banjir 7 kasus. Sedangkan Fire Rescue atau penyelamatan di saat kebakaran ada 14 kasus, serta vertical rescue satu kasus.

Baca Juga: Cerita Anggota Damkar Makassar, Bertugas dengan Risiko Kerja Tinggi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya