2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma

Para pendaki pulang lewat dua jalur yang ditetapkan Basarnas

Makassar, IDN Times - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat, 2065 pendaki yang menggelar upacara HUT Merah Putih ke 77 tahun di Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma, Kabupaten Gowa mulai membubarkan diri untuk pulang.

"Mulai pukul 10 pagi tadi (pendaki) sudah mulai beres-beres untuk pulang," terang Kepala Seksi (Kasi) Operasi dan Siaga Basarnas Sulsel, Muh. Rizal saat dihubungi wartawan di Makassar, Rabu (17/8/2022).

Dari 2065 pendaki ini, Basarnas Sulsel menyebutkan, 788 orang menggelar upacara HUT RI di Puncak Gunung Bawakaraeng, sementara 1227 orang di Lembah Ramma.

1. Tersisa 10 tenda di Bawakaraeng

2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah RammaIlustrasi - para Pendaki bersiap untuk menadki ke Puncak Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel. (Dok. Basarnas Sulsel)

Tim Basarnas Sulsel juga mencatat, hingga siang ini tersisa 10 tenda pendaki yang masih berada di puncak pos 10 Gunung Bawakaraeng.

"Karena sebagian besar sudah turun ke bawah. Sebagian tim SAR gabungan itu juga mulai turun juga karena kan pendaki mulai pulang sejak pagi," ungkap Rizal.

Saat ini, para tim SAR gabungan yang sebagian berada di pos 8 Gunung Bawakaraeng mulai bergeser turun, sementara personel di pos 5 juga mulai menutup tenda untuk turun gunung.

2. Pendaki pulang lewat dua jalur

2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah RammaIluatrasi - para pendaki di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel. (Dok.Basarnas Sulsel)

Sementara itu, untuk proses kepulangan para pendaki. Basarnas Sulsel mengimbau agar para pendaki turun lewat jalur Bulu Balea dan jalur Lembanna.

"Semua turun lewat dua jalur itu, kecuali itu ada pendaki dari daerah seperti Sinjai itu mereka lewat jalur Tasoso, tapi mereka itu tetap terdata (diregistrasi) di sana sekitar 400 pendaki (Sinjai)," ujar Muh. Rizal.

Baca Juga: Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung Bawakaraeng

3. Evakuasi 1 pendaki yang jatuh

2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah RammaANTARA FOTO/Seno

Selain mengawal para pendaki lewat dua jalur untuk pulang, tim SAR gabungan juga mengevakuasi satu pendaki di pos 8 ke pos 6 karena terjatuh saat mendaki ke puncak.

"Satu pendaki yang jatuh dan mengalami trouble (masalah) itu sudah mulai baikan, sekarang posisinya di pos 6, dia dipapah sama teman-teman yang lain. Kita tidak bisa pastikan apakah dia patah tulang atau seperti apa, dia dislokasi," jelas Rizal.

"Sekarang kondisi lokasi aman semua, karena sebagian besar pendaki kan sudah pulang jadi aman kondusif," tambahnya.

Baca Juga: Rayakan HUT RI, Satu Pendaki Gunung Bawakaraeng Patah Kaki

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya