Bertemu Gubernur, Ini Harapan Perakit Pesawat Terbang Asal Pinrang 

Didukung Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

Makassar, IDN Times - Nama Haerul yang berprofesi sebagai montir saat ini telah ramai dibicarakan setelah dirinya berhasil merakit sebuah pesawat berjenis ultralight. 

Laki-laki asal Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan ini mengaku tak menyangka kerja kerasnya kini membuahkan hasil. Pesawat yang dirakit sendiri akhirnya bisa mengudara setelah lima kali gagal dalam uji coba.

Keberhasilannya ini pun menuai decak kagum dari banyak pihak. Apalagi Haerul sama sekali tidak memiliki latar belakang dalam hal penerbangan. Dia hanya sempat mengenyam pendidikan hingga kelas 5 SD.

1. Diundang Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel

Bertemu Gubernur, Ini Harapan Perakit Pesawat Terbang Asal Pinrang Haerul, warga Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, bersama dengan pesawat buatannya. IDN Times/Istimewa

Karena keberhasilannya merakit pesawat, Haerul pun berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Hotel Claro Makassar, Jumat (17/1). 

Sebelumnya di hari yang sama, Haerul juga bertemu dengan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Rujab Wakil Gubernur. Haerul datang didampingi Camat Mattiro Sompe.

Haerul mengaku tak pernah menyangka pesawat yang dirakitnya dengan menggunakan bahan-bahan bekas dan rongsokan itu bisa viral sehingga diundang oleh gubernur dan wakil gubernur.

"Kami untuk dapat undangan dari Pak Gubernur, memberi dukungan dan supaya bisa dikembangkan pesawat dan bisa diproduksi," kata Haerul yang mengaku memiliki ide membuat pesawat terbang sejak kecil.

2. Berharap didukung pemerintah

Bertemu Gubernur, Ini Harapan Perakit Pesawat Terbang Asal Pinrang Haerul saat diwawancarai awak media di Hotel Claro Makassar, Jumat (17/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Laki-laki kelahiran 31 Desember 1985 tersebut menuturkan bahwa pembuatan pesawat itu merupakan kedua kalinya. Pada tahun 2002 lalu, dia juga pernah mencoba merakit pesawat helikopter namun tak berhasil.

Dia menyebut, total biaya yang dikeluarkan selama membuat pesawat itu sebesar kurang lebih Rp30 juta. Untuk menerbangkannya, Haerul hanya menggunakan BBM premium.

Haerul yang mengaku sejak dahulu menyukai penerbangan mengatakan, dirinya belum pernah sama sekali naik pesawat terbang. Hal itulah yang menginspirasinya merakit pesawat. Dia pun berharap pemerintah bersedia mendukung hasil tangannya ini.

"Harapannya ya ingin dikembangkan lagi untuk produksi," kata Haerul.

Baca Juga: IMS 2020: 5 Fakta Nurdin Abdullah, Guru Besar Jadi Gubernur Sulsel

3. Gubernur sebut Haerul butuh pembinaan lanjutan

Bertemu Gubernur, Ini Harapan Perakit Pesawat Terbang Asal Pinrang Haerul (baju putih) saat bertemu dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Hotel Claro Makassar, Jumat (17/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan Haerul masih perlu diberikan pembinaan agar lebih terukur dalam menerbangkan pesawat buatannya. Meski begitu, ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Haerul.

"Jadi kita apresiasi. Ini adalah kreasi anak-anak muda. Tentu dengan kreasi ini kita harus lebih validkan lagi konsep aeroplane itu," kata Nurdin.

Menurut Nurdin, dalam membuat dan menerbangkan pesawat tidak hanya berbekal skill tetapi juga harus menggunakan hitungan matematis dengan jelas, misalnya terbang di ketinggian berapa. 

"Intinya kita mau lebih bagus lagi tapi sebelumnya kita berharap dia lebih mendalami sistem pembuatan pesawat dulu" kata Nurdin.

Baca Juga: Belajar dari Youtube, Montir di Pinrang Berhasil Rakit Pesawat Terbang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya