Wali Kota Makassar Segera Copot 40 Persen Lurah Karena Kinerja Buruk

Ada beberapa catatan untuk lurah

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, kembali akan merombak jajaran pejabat Eselon III. Dia akan mencopot jabatan lurah yang dinilai berkinerja buruk berdasarkan hasil evaluasi.

Danny mengatakan akan mencopot sebanyak 40 persen lurah. Jika dihitung total seluruh lurah di Makassar berjumlah 153 maka 40  persen yang dimaksud sekitar 61  lurah yang akan diganti.

"Walaupun lurah yang sampaikan 40 persen tetap saya kasih masuk, kalau mereka berubah kita bisa evaluasi lagi karena masih diberi kesempatan," kata Danny di Hotel Four Points, Makassar,  Rabu (9/8/2023).

1. Beberapa catatan untuk lurah

Wali Kota Makassar Segera Copot 40 Persen Lurah Karena Kinerja BurukWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengaku telah memberikan catatan-catatan kepada para lurah mulai dari soal Pakkandatto (Pasukan Penindakan Anti Kotor), kebersihan, Konter (kontainer terpadu), hingga pelayanan masyarakat.
 
"Semua saya catat lurah-lurah yang tidak perform. Siapa tahu ada yang mau berubah masih saya beri kesempatan," katanya.

Dia juga mengaku menerima aduan terkait pungli. Ada juga keluhan masyarakat mengenai kabel fiber optik. Keluhan-keluhan ini telah diproses di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Makassar.

2. Danny soroti soal lorong wisata

Wali Kota Makassar Segera Copot 40 Persen Lurah Karena Kinerja BurukSuasana perayaan HUT ke-414 Kota Makassar di Lorong Wisata Jalan Bambapuang, Selasa (9/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Lorong Wisata, kata Danny, juga masuk dalam evaluasi untuk lurah. Menurutnya, program Lorong Wisata berjalan cukup baik, hanya saja tidak ada inovasi. 

Danny juga menilai beberapa lurah tidak bersemangat menjalankan program Lorong Wisata. Menurutnya, hanya 1-2 lurah saja yang bersemangat. Selebihnya tidak bersemangat dan hanya menunggu perintah.

"Kalau disuruh lakukan penambahan, mereka tambah tapi tidak ada inisiasi sendiri. Mestinya mereka inisiasi sendiri, menginisiasi masyarakat, belum mampu menghidupkan di dalam, dia cuma memelihara saja gugur kewajiban," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Sebut Semua Kabel Udara di Makassar Ilegal dan Berbahaya

3. Danny siap terima aduan tentang lurah pungli

Wali Kota Makassar Segera Copot 40 Persen Lurah Karena Kinerja BurukIlustrasi pungli. (IDN Times/Sukma Shakti)

Terkait adanya laporan lurah-lurah yang menerima pungli, Danny meminta agar masyarakat memberikan buktinya. Dengan begitu, keluhan akan segera diproses.

"Kalau itu kasih saya aduannya, langsung ke saya, dan berikan buktinya, ada beberapa yang kasih bukti ke saya, kwitansi dan lainnya. Itu langsung diproses. Jadi tidak usah khawatir," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Copot Sejumlah Lurah Gara-gara Kabel Udara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya